Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Final Fantasy VII Rebirth" Bisa Dicoba Gratis di PS5

Kompas.com - 07/02/2024, 13:41 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Publisher game asal Jepang Square Enix resmi meluncurkan demo gratis untuk permainan Final Fantasy VII Rebirth (FFVII Rebirth). Seperti game-nya, demo ini tersedia secara eksklusif di konsol PlayStation 5 (PS5).

Adapun Final Fantasy VII Rebirth menjadi game kedua dari trilogi pembuatan ulang (remake) seri Final Fantasy VII (1997). Game ini merupakan sekuel langsung dari Final Fantasy VII Remake Intergrade keluaran 2020 lalu.

Kembali membahas demo gratis, pengguna bisa menjajal bab pembuka Nibelheim dari game Final Fantasy VII Rebirth.

Baca juga: 19 Game PS5 yang Ditunggu, Ada Silent Hill 2 dan Final Fantasy VII Rebirth

Bab Nibelheim itu sendiri mengambil waktu beberapa tahun sebelum kejadian di Final Fantasy VII, tepatnya ketika tokoh protagonis Cloud Strife baru bekerja sebagai prajurit (Soldier).

Dalam demo ini, pengguna tak hanya diberikan kesempatan untuk bermain sebagai Cloud, tetapi juga pendekar pedang legendaris bernama Sephiroth. Ini bisa dibilang menarik, mengingat Sephiroth adalah musuh utama di game Final Fantasy VII.

Final Fantasy VII RebirthPlayStation Blog Final Fantasy VII Rebirth
Pengguna bisa menikmati berbagai mekanisme combat yang ditawarkan oleh Final Fantasy VII Rebirth. Gamer pun dapat mencicip sistem baru Synergy Abilities, yakni kemampuan spesial antara dua karakter dalam tim pengguna yang sudah memiliki tali pertemanan yang erat.

Gamer yang sudah menyelesaikan bab pembuka Nibelheim di demo ini nantinya bisa melewati (skip) bab tersebut di versi penuh Final Fantasy VII Rebirth.

Selain bab Nibelheim, pengguna juga bisa mengakses area bernama Junon Region mulai 21 Februari 2024, untuk menjelajahi dunia terbuka (open-world) yang besar. Junon merupakan kota militer yang dihias dengan laut yang luas.

Peta Junon Region di Final Fantasy VII RebirthYouTube Peta Junon Region di Final Fantasy VII Rebirth
Di wilayah ini, pengguna bisa memburu monster buas, menyelesaikan berbagai misi, menunggangi burung Chocobo, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menikmati sejumlah konten cerita di kota Junon.

Yang perlu dicatat, Junon versi demo ini dibuat lebih kecil dibandingkan di versi penuh FFVII Rebirth. Nantinya, Junon di FFVII Rebirth memiliki area yang lebih besar, konten sampingan serta monster yang lebih banyak, dan lain sebagainya.

Baca juga: Youtuber Bikin PS5 Jadi Konsol Portabel Mirip Tablet

Pengguna yang menyimpan data (save file) dari demo FFVII Rebirth berhak mendapatkan item berupa Kupo Charm dan Survival Set di versi penuh game tersebut.

Kupo Charm adalah aksesori yang meningkatkan jumlah sumber daya yang diekstrak oleh pengguna. Di sisi lain, Survival Set merupakan koleksi item yang membantu pengguna dalam petualangannya, misalnya Potions untuk meningkatkan darah alias hit points (HP) karakter.

Cara download demo Final Fantasy VII Rebirth

Pengguna yang tertarik mencoba demo Final Fantasy VII Rebirth, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengunduhnya:

Gamer perlu menyiapkan ruang penyimpanan (storage) sebesar 48,69 GB untuk mengunduh demo FFVII Rebirth. Sebagai perbandingan, versi penuhnya dilaporkan membutuhkan storage seluas 145,25 GB.

Setelah menjajal demo dari Final Fantasy VII Rebirth, pengguna bisa membeli versi penuhnya dengan harga Rp 1 juta. Pengguna bisa menyimak daftar lengkap harga FFVII Rebirth lewat tautan berikut ini.

Final Fantasy VII Rebirth bakal meluncur pada 29 Februari 2024, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PlayStation Store, Rabu (7/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com