Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Beda Tampilan Xiaomi Redmi Note 13 5G dan 4G yang Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 08/02/2024, 09:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi bakal segera menghadirkan jajaran smartphone terbaru dari lini Redmi Note 13 Series di Indonesia. Dua di antaranya adalah Redmi Note 13 5G dan Redmi Note 4G.

Meskipun namanya mirip, perbedaan antara kedua ponsel yang pertama kali meluncur secara internasional pada pertengahan Januari lalu ini ternyata lebih dari sekadar dukungan jaringan seluler saja.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 dan Note 13 Pro Versi 4G Meluncur Global, Harga mulai Rp 4 Jutaan

Desain Redmi Note 13 5G sedikit berbeda dari Redmi Note 13 4G, terutama di bagian modul kamera dan speaker. Aksesori di dalam boks kemasan masing-masing pun ada yang beda.

Mirip, tapi beda

Ponsel-ponsel dalam jajaran Redmi Note 13 Series dari Xiaomi cenderung memiliki tampilan mirip dan hampir tidak dapat dibedakan ketika dilihat dari depan.

Sebab, ponsel Redmi Note 13 dan Redmi 13 Pro, versi 4G maupun 5G, sama-sama dibekali layar berdiagonal 6,67 inci dengan refresh rate 120 Hz. Resolusinya untuk Redmi Note 13 5G dan 4G adalah 2.400 x 1.080 piksel (20:9).

Layar Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Redmi Note 13 5G sama-sama menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dan memiliki bezel tipis di sekelilingnya.  Lucunya, seperti tampak dalam aplikasi kamera ini, Xiaomi Redmi Note 13 4G menyediakan fasilitas zoom hingga 3x, sementara versi 5G hanya sampai 2x. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Redmi Note 13 5G sama-sama menggunakan panel AMOLED 6,67 inci dan memiliki bezel tipis di sekelilingnya. Lucunya, seperti tampak dalam aplikasi kamera ini, Xiaomi Redmi Note 13 4G menyediakan fasilitas zoom hingga 3x, sementara versi 5G hanya sampai 2x.

Bingkai alias bezel yang mengelilingi layar sudah tipis sehingga tidak mengganggu pandangan, sementara di bagian atas terdapat punch hole yang memuat kamera depan.

Layar kedua perangkat yang terlihat cemerlang karena menggunakan tipe panel AMOLED ini juga sudah dibekali dengan pemindai sidik jari (in-display fingerprint scanner) berjenis optical.

Perbedaan baru terlihat ketika menengok bagian belakang. Rangkaian kamera belakang Redmi Note 13 5G yang berjumlah tiga buah memiliki penampang berbentuk persegi seperti Redmi Note 13 Pro 5G.

Bagian belakang Xiaomi Redmi Note 13 4G varian warna Ice Blue (kiri) dan Xiaomi Redmi Note 13 5G versi Arctic White.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang Xiaomi Redmi Note 13 4G varian warna Ice Blue (kiri) dan Xiaomi Redmi Note 13 5G versi Arctic White.

Sementara, lensa-lensa belakang Redmi Note 13 4G tertanam langsung di bodi, seperti juga Redmi Note 13 Pro 4G. Agaknya Xiaomi sengaja menyamakan desain ponsel berdasarkan konektivitias seluler yang didukung.

Baik Redmi Note 13 5G maupun Redmi Note 13 4G sama-sama datang dengan kamera utama 108 MP yang memiliki fitur in-sensor zoom.

Baca juga: Smartphone Xiaomi 14 Series Meluncur Global Bulan Ini, Catat Tanggalnya

Lucunya, di unit yang dijajal oleh KompasTekno, kamera utama Redmi Note 13 4G menyediakan fasilitas zoom hingga 3x, sementara Redmi Note 13 5G hanya 2x.

Tak kasat mata

Ketika diamati lebih jauh, tampak bahwa ternyata terdapat perbedaan lain yang tak langsung kasat mata dari kedua ponsel.

Salah satunya adalah posisi laci SIM card dan bentuknya, meskipun sama-sama berjenis hybrid dan bisa memuat dua buah kartu nano SIM atau satu kartu nano SIM berikut kartu memori microSD.

Laci SIM card Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Xiaomi Redmi Note 13 5G.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM card Xiaomi Redmi Note 13 4G (kanan) dan Xiaomi Redmi Note 13 5G.

Sisi bawah (foto kiri) dari Xiaomi Redmi Note 13 4G warna Ice Blue dan Xiaomi Redmi Note 13 5G warna Arctic White. Di sisi atas (foto kanan), hanya Xiaomi Redmi Note 13 4G yang memiliki loudspeaker kedua. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi bawah (foto kiri) dari Xiaomi Redmi Note 13 4G warna Ice Blue dan Xiaomi Redmi Note 13 5G warna Arctic White. Di sisi atas (foto kanan), hanya Xiaomi Redmi Note 13 4G yang memiliki loudspeaker kedua.

Frame Redmi Note 13 4G dan 5G berbentuk flat alias rata. Kedua ponsel memiliki konektor USB C dan loudspeaker di sisi bawah, berikut IR blaster dan konektor jack audio 3,5 mm di sisi atas.

Namun, hanya Redmi Note 13 4G saja yang dilengkapi dengan loudspeaker kedua sehingga memiliki keluaran suara stereo. Letaknya di atas, persis di sebelah konektor audio.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Picture in Picture di HP Xiaomi

Soal pilihan warna, Redmi Note 13 4G juga menawarkan opsi lebuih banyak. Ponsel ini ditawarkan dalam warna, yakni Ice Blue, Ocean Sunset, dan Midnight Black. Sedangkan, Redmi Note 13 5G datang dalam varian Graphite Black dan Arctic White.

Xiaomi Redmi Note 13 4G varian warna Ocean Sunset memiliki punggung berkelir silver yang memantulkan gradasi aneka warna seperti pelangi. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Xiaomi Redmi Note 13 4G varian warna Ocean Sunset memiliki punggung berkelir silver yang memantulkan gradasi aneka warna seperti pelangi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com