Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Terjemahan dan Menampilkannya secara Otomatis di TikTok

Kompas.com - 12/02/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - TikTok menyediakan fitur terjemahan otomatis yang memudahkan pengguna untuk memahami konten dalam video dengan bahasa asing. Seperti yang diketahui bahwa banyak kreator di seluruh dunia yang menampilkan konten-konten menggunakan bahasaa asalnya.

Melalui fitur ini penonton bisa menikmati konten dengan baik. TikTok juga menyediakan daftar bahasa terjemahan sesuai yang diinginkan. Salah satunya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Saat fitur diaktifkan, terjemahan akan muncul secara otomatis pada video yang ditonton. Lantas bagaimana cara mengaktifkan terjemahan dan menampilkannya secara otomatis di TikTok? Selengkapnya berikut ini tutorialnya. 

Cara mengaktifkan terjemahan otomatis di TikTok

Ilustrasi cara aktifkan terjemahan di TikTokKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara aktifkan terjemahan di TikTok

  • Buka dan login ke aplikasi TikTok
  • Buka pada bagian profil Anda
  • Pilih menu garis tiga di pojok kanan atas
  • Klik “Pengaturan dan Privasi”
  • Gulir ke bawah dan lihat pada “Konten & Tampilan”
  • Pilih “Bahasa”
  • Pada bagian “Terjemahan” pilih bahasa terjemahan yang Anda inginkan. Misalnya “Bahasa Indonesia”
  • Selanjutnya geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan terjemahan otomatis di TikTok pada bagian “Selalu tampilkan terjemahan”

Cara mengaktifkan subtitle di TikTok

Ilustrasi cara aktifkan terjemahan otomatis di TikTokKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara aktifkan terjemahan otomatis di TikTok

Selain mengaktifkan terjemahan otomatis, pengguna juga bisa mengaktifkan subtitle video otomatis. Saat subtitle ini diaktifkan, akan muncul teks caption berdasarkan suara dalam video.

Bagi sebagian pengguna, menonton video dengan subtitle biasanya dinilai lebih nyaman, terlebih lagi jika audio pada video kurang terdengar di area keramaian. Berikut ini tutorial mengaktifkannya.

  • Buka akun TikTok Anda
  • Pastikan video yang sedang diputar sudah mendukung caption otomatis yang disediakan kreator Untuk memastikannya, Anda dapat klik ikon share (tanda panah) yang berada di pojok kanan bawah Jika tersedia, nantinya fitur “Captions” akan muncul di antara opsi “Use This Effect” dan “Duet”
  • Kemudian klik “Captions” untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Auto Captions yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi
  • Nantinya, teks akan dimunculkan lewat jendela pop - up kecil di bagian bawah video

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari TikTok Live dan Syaratnya

Fitur ini akan menampilkan subtitle otomatis sesuai audio atau suara konten yang hadir. Demikian cara mengaktifkan terjemahan dan menampilkannya otomatis di TikTok. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com