Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Baru Chat Lock WA, Bisa Kunci Chat Semua Perangkat di Linked Device

Kompas.com - 13/02/2024, 19:07 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) tengah menambah fungsi baru pada fitur keamanan Chat Lock. Kini, pesan yang dikunci menggunakan Chat Lock bisa langsung dapat langsung terintegrasi ke semua perangkat yang terhubung (linked devices).

Sebelumnya, pengguna yang mengunci pesan melalui Chat Lock di satu perangkat, misal smartphone, hanya berlaku di ponsel tadi saja.

Perangkat lain yang terhubung ke akun WhatsApp, misal laptop, tablet, atau ponsel kedua, tidak akan terpengaruh. Jika ingin dikunci, pengguna harus menggunakan fitur Chat Lock di masing-masing perangkat.

Nah, dengan fungsi baru Chat Lock WA ini pengguna cukup mengunci chat di perangkat utama. Nantinya, chat di perangkat yang terdaftar dalam "linked device" juga akan terkunci secara otomatis.

Kehadiran fungsi baru di fitur Chat Lock ini diketahui oleh situs yang kerap mengumbar fitur baru WhatsApp, yakni WABetaInfo.

Baca juga: Pesan WhatsApp Channel Kini Bisa Dibagikan ke WA Status

Menurut laporan WABetaInfo, fungsi baru Chat Lock ini sudah hadir di WhatsApp Android versi beta 2.24.4.1. Artinya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum digelontorkan secara resmi.

Tangkapan layar (screenshot) calon fitur baru WhatsApp. Fitur ini bakal memungkinkan pesan yang dikunci (locked chat) terintegrasi langsung ke seluruh perangkat yang terhubung (linked devices)WABetaInfo Tangkapan layar (screenshot) calon fitur baru WhatsApp. Fitur ini bakal memungkinkan pesan yang dikunci (locked chat) terintegrasi langsung ke seluruh perangkat yang terhubung (linked devices)
Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo, sistem nantinya bakal memunculkan notifikasi dalam bentuk pop-up untuk menginformasikan bahwa chat di perangkat yang terhubung juga akan dikunci.

“Pesan ini sudah terkunci. Kami juga mengunci pesan ini di perangkat yang terhubung milik Anda. Gunakan kode rahasia untuk membukanya,” tulis WhatsApp dalam screenshot yang dibagikan.

Sediki gambaran, pesan yang dikunci dapat diakses kembali di menu “Locked Chat” (Chat yang dikunci).

Namun, pengguna perlu memasukkan kata sandi atau sistem keamanan biometrik (sidik jari atau wajah). Jadi, tanpa akses kata sandi atau kode biometrik tadi, pesan tersebut tidak dapat dibuka oleh orang lain.

Baca juga: Pesan WhatsApp Channel Kini Bisa Dibagikan ke WA Status

Dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (13/2/2024), fitur ini dinilai dapat melindungi aktivitas berkirim pesan lintas platform. WhatsApp sendiri beberapa waktu belakangan ini makin rajin merilis fitur baru.

Contohnya fitur Channel atau kanal. Melalui Channel, pengguna bisa mengirim pesan broadcast kepada pengguna yang mengikuti Channel tersebut.

WhatsApp juga merilis pembaruan untuk fitur blokir chat. Pengguna kini bisa memblokir chat langsung dari notifikasi. Sehingga pengguna tidak perlu membuka chat tersebut terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com