Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar iPhone Tidak Merespon? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 24/02/2024, 10:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna iPhone tentu tak lepas dari berbagai error yang terjadi. Salah satunya masalah pada hardware, yaitu layar iPhone tidak merespon. Layar yang tidak merespon ini tentu menganggu produktivitas Anda.

Salah satunya menu atau fitur-fitur yang tidak bisa diakses. Hal ini tentu akan menghambat Anda untuk berkomunikasi dan menjalankan berbagai tugas. Penyebab layar iPhone tidak merespon biasanya dikarenakan berbagai hal.

Bisa jadi penyebabnya karena faktor luar, misalnya pelindung layar yang terlalu tebal. Selain itu layar tidak merespon bisa jadi karena terdapat bug atau aplikasi yang sedang eror sehingga mempengaruhi interaksi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa cara mengatasi layar iPhone tidak merespon.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Memuat ulang iPhone

Cobalah untuk memuat ulang iPhone untuk mengatasi masalah ini. Tekan dan tahan tombol di sisi kanan dan salah satu tombol volume hingga muncul layar kontrol Geser untuk Mematikan.

Jika Anda menggunakan iPhone lama, seperti iPhone SE generasi pertama (2016) atau iPhone 5s atau model sebelumnya, tombol tersebut akan berada di bagian atas, bukan di samping.

Selanjutnya geser penggeser dari kiri ke kanan untuk mematikan iPhone. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda akan memulai ulang iPhone Anda dan mungkin dapat menyelesaikan masalah layar yang tidak dapat merespon.

Cek pelindung layar dan bersihkan

Pelindung layar ini biasanya sangat tipis dan dirancang agar berfungsi baik. Namun dalam beberapa kasus, hal ini dapat mempengaruhi respon layar sentuh di iPhone. Maka dari itu cobalah cek kembali pelindung layar yang digunakan.

Cek kembali apakah pelindung layar telah terpasang dengan benar. Jika memang belum, coba lepas dan perbaiki kembali pemasangan pelindung layar. Selain karena pelindung layar tidak pas, bisa jadi layar iPhone tidak merespon karena lembab karena kotoran dan debu. 

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membersihkan layar menggunakan kain mikrofiber secara perlahan hingga bersih. Selanjutnya cobalah layar iPhone kembali.

Memperbarui iOS terbaru

Jika layar sentuh iPhone Anda masih tidak merespon, cobalah untuk hal memperbarui iPhone Anda ke iOS versi terbaru.

Jika Anda dapat berinteraksi dengan iPhone dengan cukup baik untuk masuk ke aplikasi “Settings” lalu ketuk “General” > Software Update. Selanjutnya Anda bisa memperbarui iOS dan cek kembali apakah layar iPhone masih eror.

Cabut aksesori berkabel

Terkadang ada situasi langka di mana aksesori yang terhubung bisa mengganggu layar sentuh iPhone Anda. Jadi, jika Anda menggunakan headphone kabel atau bahkan hanya charger, coba lepaskan sambungannya dan lihat apakah layar sentuh Anda kembali normal.

Selanjutnya pastikan untuk me-restart iPhone setelah melepaskan aksesori untuk memastikan semua telah terlepas dari iPhone. Jika layar sentuh mulai normal setelah melepaskan aksesori, kemungkinan besar aksesori tersebut yang menjadi penyebab. Cobalah menggantinya dengan aksesori lain untuk melihat apakah situasinya membaik.

Hubungi Apple

Jika mengatur ulang iPhone ke setelan pabrik terdengar sulit atau jika Anda tidak punya cadangan data, sebaiknya pertimbangkan untuk menghubungi Dukungan Apple.

Hal ini bisa menjadi langkah terakhir yang lebih aman daripada mengatur ulang iPhone ke setelan pabrik. Anda juga bisa menuju ke service center terpercaya untuk mengatasi hal ini.

Baca juga: 5 HP Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Demikian beberapa cara mengatasi layar iPhone yang tidak merespon. Semoga membantu.
Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com