Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Buka File PDF di HP Android dan iPhone

Kompas.com - 24/02/2024, 18:01 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - File Portable Document Format (PDF) kerap menjadi andalan pengguna untuk mengirim dokumen. Hal ini dikarenakan file ini tidak mudah berubah format, serta lebih fleksibel dapat diakses di perangkat mana pun. Termasuk diakses lewat HP Android atau iPhone.

Umumnya file PDF dapat dibuka di berbagai perangkat dan sistem operasi (Windows, Mac, Linux, iOS, Android) tanpa perubahan format atau tata letak. Selain itu dari segi ukuran, PDF umumnya lebih kecil dibandingkan format dokumen lainnya (seperti .doc, .docx) tanpa kehilangan kualitas.

Umumnya setiap ponsel baik Android maupun iPhone sudah dibekali secara default untuk bisa membuka file dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

Namun apabila sebagian dari pengguna masih merasa kesulitan membuka file PDF di HP Android atau iPhone, berikut ini beberapa aplikasi pembuka PDF yang bisa diinstal di kedua perangkat.

Baca juga: Cara Edit Dokumen PDF di Canva, Praktis dan Mudah

Google Drive

Ilustrasi cara upload file ke Google Drive di HP Android.support.google.com Ilustrasi cara upload file ke Google Drive di HP Android.

Apabila aplikasi bawaan ponsel Anda tidak bisa mengakses atau membuka file PDF, cobalah menggunakan Google Drive. Di HP Android, aplikasi ini biasanya sudah terinstal, sedangkan untuk pengguna HP iPhone, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu di App Store.

Cara membuka file PDF di Drive

  • Buka aplikasi Google Drive di HP Android atau iPhone Anda
  • Temukan file PDF yang ingin Anda buka. Anda juga bisa mengunggahnya terlebih dahulu dari folder ponsel
  • Ketuk file PDF untuk membukanya
  • Google Drive akan membuka file PDF di viewer bawaan

Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat ReaderMobile Syrup Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan berbagai perubahan pada file PDF, termasuk menandatangani, mengedit dan memberikan keterangan, menambahkan gambar, serta berbagi melalui tautan.

Adobe Acrobat Reader bisa diunduh di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Pengguna bisa menggunakan aplikasi secara gratis maupun berbayar dengan berlangganan mulai dari 2,99 dollar AS (sekitar Rp 46 ribu)

DocuSign

DocuSignDocuSign DocuSign

Salah satu alternatif aplikasi pembaca PDF lainnya adalah DocuSign, yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis. Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk membuka, mengisi, menandatangani, dan mengirimkan file PDF.

Meskipun tersedia dalam versi gratis, pengguna dapat berlangganan dengan biaya mulai dari 10 dolar AS untuk menikmati fitur tambahan. DocuSign dapat diunduh di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Foxit PDF Reader

Foxit PDF ReaderApp Store Foxit PDF Reader

Foxit PDF Reader adalah aplikasi pembaca PDF yang populer dan tersedia secara gratis. Aplikasi ini dirancang untuk membuka, melihat, dan mengelola file PDF dengan berbagai fitur tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com