Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ChatGPT Makin Pintar, Bisa Rangkum Isi dan Bikin Grafik dari Dokumen PDF

Kompas.com - Diperbarui 03/11/2023, 10:37 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - ChatGPT kini semakin pintar. Chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan OpenAI itu, kini bisa membaca dan menganalisis isi dokumen PDF dan format file lainnya secara langsung di dalam chat.

Kemampuan ini membuat pengguna bisa meminta ChatGPT untuk membuat ringkasan, menjawab pertanyaan spesifik/penting (data point), bahkan membuat visualisasi berupa grafik dan chart berdasarkan data dalam file PDF tersebut.

Ini merupakan kemampuan baru dari ChatGPT. Awalnya, ChatGPT tidak bisa mengolah informasi yang ada di dalam file PDF secara langsung di dalam chat.

Jadi, pengguna mesti mengonversi file PDF ke teks, kemudian baru diinput ke ChatGPT untuk diolah. 

Baca juga: Pendapatan ChatGPT Mobile Tembus Rp 72 Miliar, tapi Dibayangi Kejenuhan

Pengguna ChatGPT Plus (GPT-4) dapat fitur baru, yakni bisa menganalisis file PDF dan format dokumen lainnya dan menggunakan mode ChatGPT secara otomatis.Threads/ @luokai Pengguna ChatGPT Plus (GPT-4) dapat fitur baru, yakni bisa menganalisis file PDF dan format dokumen lainnya dan menggunakan mode ChatGPT secara otomatis.
Untuk pelanggan ChatGPT Plus

Berdasarkan laporan outlet media The Verge, fitur baru ini bisa dinikmati oleh pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus seharga 20 dollar AS atau setara dengan Rp 303.760 (kurs Rp 15.188) per bulan.

Dengan berlangganan ChatGPT Plus, pengguna bisa menikmati fitur-fitur eksklusif.

Termasuk juga akses prioritas ke model bahasa besar (LLM) GPT-4 yang baru dan lebih pintar dari GPT-3.5 yang dipakai di ChatGPT versi gratis. GPT-4 diketahui lebih pintar dan lebih mumpuni mendeteksi dan menjelaskan gambar.

Dengan berlangganan ChatGPT Plus, pengguna juga mendapat benefit lain seperti akses prioritas di jam sibuk, respons jawaban lebih cepat, hingga menikmati fitur baru yang lebih cepat ketimbang pengguna gratis.

Nah kali ini, pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus akan melihat jendela pemberitahuan berisi update terbaru, berbunyi:

Unggah berbagai macam tipe dokumen: Anda bisa menganalisis PDF, file data, atau dokumen apapun yang Anda mau. Cukup unggah dan bertanya ke ChatGPT.

Sebelum mencoba fitur baru, pengguna juga perlu opsi "beta" karena fitur analisis dokumen ini masih dalam versi uji coba.

Selanjutnya, pengguna ChatGPT Plus tinggal mengunggah PDF atau format dokumen lain ke ChatGPT. Kemudian pengguna tinggal bertanya atau berikan perintah.

Menurut laporan Mashable, nantinya, ChatGPT dapat merangkum dan menyaring poin-poin penting di dokumen.

Baca juga: ChatGPT Sekarang Bisa Ditanya Pakai Suara dan Gambar

ChatGPT kini bisa menganalisis file PDF dan tipe dokumen lainnya. Pengguna Threads mengunakan ChatGPT untuk merangkum dan bertanya informasi penting dari input file PDF.Threads/ @luokai ChatGPT kini bisa menganalisis file PDF dan tipe dokumen lainnya. Pengguna Threads mengunakan ChatGPT untuk merangkum dan bertanya informasi penting dari input file PDF.
ChatGPT kini juga memungkinkan pengguna beta yang berlangganan ChatGPT Plus mengakses mode browsing, Advanced Data Analysis, dan DALL-E secara otomatis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/11/2023).

Jadi, pengguna tidak perlu menyetel opsi tersebut secara manual ketika memberikan perintah teks, gambar, maupun dokumen.

Pasalnya, ChatGPT kini makin pintar dan bakal memberikan responsels berdasarkan konteks. Namun, pemilihan mode secara manual masih tersedia di bawah opsi GPT-4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com