Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Barcelona

Xiaomi Luncurkan Watch 2, Arloji Pintar Versi "Murah" dengan WearOS

Kompas.com - 26/02/2024, 07:45 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Selain duo smartphone Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra, dalam acara yang digelar di Barcelona, Spanyol, pada Minggu (25/2/2024), Xiaomi juga meluncurkan sejumlah perangkat wearable device baru.

Jurnalis KompasTekno Oik Yusuf berkesempatan hadir dalam acara tersebut atas undangan dari Xiaomi Indonesia.

Dalam acara tersebut, salah satu wearable device baru yang diperkenalkan adalah Xiaomi Watch 2. Xiaomi Watch 2 merupakan arloji pintar dengan sistem operasi WearOS yang dibanderol lebih terjangkau dibanding Watch 2 Pro.

"Karena menjalankan WearOS, Anda pun bisa memasang aplikasi favorit dari Google, serta beraktivitas dan melakukan tracking dengan presisi," ujar TJ Walton, Senior Product Marketing Manager International Communications Xiaomi, ketika memperkenalkan Xiaomi Watch 2.

Xiaomi Watch 2 ditenagai chip Snapdragon W5+ Gen 1 yang dijanjikan memiliki performa tinggi sekaligus irit daya, sehingga baterai 495 mAh di Xiaomi Watch 2 bisa bertahan hingga 65 jam dengan pemakaian normal.

Baca juga: Redmi Watch 4 dan Redmi Buds 5 Pro Meluncur Global, Ini Harganya

Smartwatch yang berbobot 39 gram ini memiliki layar AMOLED 1,43 inci berbentuk bundar, media internal berkapasitas 32 GB, serta turut mendukung fitur camera remote untuk pertama kalinya. Dengan fitur ini, pengguna bisa menggunakan layar Xiaomi Watch 2 untuk preview kamera.

Untuk fitness dan kesehatan, Xiaomi Watch 2 yang tersedia dalam piliham warna hitam dan putih menggunakan modul monitoring denyut nadi 12 channel serta bisa merekam kegiatan 160 jenis olah raga. Navigasinya mengandalkan L1+L5 GNSS yang diklaim punya tingkat akurasi tinggi.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Xiaomi 14, Flagship Ringkas dengan Kamera Leica

Xiaomi Smart Band 8 Pro dan Watch S3 meluncur global

TJ Walton, Senior Product Marketing Manager International Communications Xiaomi, ketika memperkenalkan Xiaomi Watch 2, Smart Band 8 Pro, dan Watch S3 dalam acara yang digelar Xiaomi di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2024).KOMPAS.com/Oik Yusuf TJ Walton, Senior Product Marketing Manager International Communications Xiaomi, ketika memperkenalkan Xiaomi Watch 2, Smart Band 8 Pro, dan Watch S3 dalam acara yang digelar Xiaomi di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2024).

Selain memperkenalkan Watch 2, Xiaomi juga meluncurkan dua wearable device lainnya secara global, yakni Smart Band 8 Pro dan Watch S3 dalam kesempatan yang sama.

Keduanya sebenarnya sudah lebih dulu hadir di pasar domestik Xiaomi di Negeri Tirai Bambu sejak beberapa bulan lalu. Hanya saja, kali ini Xiaomi Smart Band 8 Pro dan Watch S3 bakal dijual pula di negara selain China. (Baca juga: Xiaomi Smart Band 8 Punya Aksesori Unik, Bisa Dipasang di Sepatu dan Jadi Kalung)

Xiaomi Watch S3 menjalankan sistem operasi HyperOS. Bezel alias bingkai di sekeliling layarnya yang berukuran 1,43 inci (AMOLED) bisa diganti-ganti dengan mudah, cukup dengan gerakan memutar.

"Jadi bezel Watch S3 bersifat interchangeable alias dapat ditukar. Masing-masing bezel turut menghadirkan watch face sendiri," jelas Walton, sambil menambahkan bahwa daya tahan baterai smartwatch ini bisa mencapai kisaran 15 hari.

Sementara itu, Smart Band 8 Pro dirancang untuk penggemar fitness yang juga memperhatikan fashion dengan menghadirkan fitur kustomisasi seperti sabuk (strap) quick release yang bisa diganti-ganti dengan mudah dan lebih dari 200 watch face.

"Variasi strap-nya ada banyak, mulai dari yang terbuat dari bahan PU leather, nilon, hingga milenese band," ujar Walton mengenai Smart Band 8 Pro yang memiliki layar persegi dengan panel AMOLED 1,74 inci dan kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Smart Band 8 Pro mendukung sports tracking di lebih dari 150 jenis kegiatan olahraga.

Baca juga: Xiaomi 14 Ultra Resmi Meluncur Global, Kameranya Pakai Lensa Leica dan Sensor Sony 1 Inci

Harga Xiaomi Watch 2

Untuk harganya, Xiaomi Smart Band 8 Pro dijual dengan banderol mulai 69 euro atau sekitar Rp 1,1 juta. Adapun Xiaomi Watch 2 dan Watch S3 masing-masing dihargai 199 euro (Rp 3,3 juta) dan 149 euro (Rp 2,5 juta).

Masih belum ada informasi mengenai apakah ketiga smartwatch anyar dari Xiaomi ini akan hadir di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com