Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartwatch Black Shark S1 Pro Meluncur dengan Dukungan ChatGPT

Kompas.com - 13/12/2023, 16:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat produk perangkat gaming, Black Shark, resmi meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya secara global, yakni Black Shark S1 Pro. Smartwatch ini dirilis di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Dengan embel-embel "Pro", Black Shark S1 Pro diposisikan sebagai model dengan spesifikasi lebih mumpuni, dibandingkan Black Shark S1 "reguler" yang dirilis September lalu.

Misalnya, Black Shark S1 Pro kini dilengkapi baterai dengan daya tahan lebih lama, diklaim hingga 15 hari. Sebagai perbandingan, baterai smartwatch Black Shark S1 reguler disebut tahan hingga 10 hari.

Black Shark S1 Pro menjalankan sistem operasi FreeRTOS, seperti kebanyakan jam tangan pintar versi budget (harga lebih terjangkau) yang dibekingi Xioami.

Kelebihannya, arloji pintar ini datang dengan dukungan chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) milik OpenAI, ChatGPT.

Baca juga: Fitur ChatGPT Voice Digratiskan, Indonesia Sudah Kebagian

Dengan integrasi ini, pengguna bisa menanyakan hal-hal dasar ke ChatGPT via Black Shark S1 Pro. Pertanyaan kemungkinan diteruskan ke ponsel pengguna yang terhubung dengan smartwatch.

Perbedaan lainnya, Black Shark S1 Pro hadir dengan desain casing metalik yang kokoh dengan dua tombol dan kenop yang dapat diputar.

Fitur unggulan Black Shark S1 Pro.GSMArena Fitur unggulan Black Shark S1 Pro.
Selebihnya, spesifikasi Black Shark S1 versi pro masih sama dengan versi reguler. Misalnya, layar smartwatch masih menggunakan panel AMOLED 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel, refresh rate 60 Hz, dan tingkat kecerahan layar maksimum 600 nits.

Arloji pintar ini hadir dengan fitur panggilan langsung via Bluetooth, pemantauan detak jantung dan tingkat oksigen darah, serta NFC. Black Shark S1 Pro juga memiliki lebih dari 100 wallpaper dan lebih dari 100 mode olahraga bawaan.

Baca juga: Bocoran Black Shark 6, Pakai Snapdragon 8 Gen 2 dan Punya Refresh Rate Tinggi?

Black Shark S1 Pro ini sudah tahan air dan debu dengan rating IP68. Dengan begitu, secara teori, smartwatch ini masih bisa berfungsi di dalam air dengan maksimal kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (13/12/2022).

Di pasar AS, Black Shark S1 Pro dijual seharga 76,9 dollar AS (sekitar Rp 1,2 juta). Sementara di Eropa, harganya adalah 76,9 euro atau kira-kira Rp 1,3 juta. Belum ada informasi soal ketersediaan Black Shark S1 Pro di wilayah pasar lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com