Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Kehujanan? Ini 9 Tindakan yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Kerusakan

Kompas.com - 27/02/2024, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui beberapa tindakan yang dapat mencegah kerusakan HP (handphone) akibat kondisi tertentu. Salah satu tindakan itu adalah cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan.

HP kehujanan sangat mungkin terjadi, terutama ketika pengguna sedang melakukan perjalanan saat kondisi hujan. Saat kehujanan, HP bisa terkena atau terpapar air dengan intensitas yang tinggi. Ini mengakibatkan air hujan masuk ke celah-celah HP.

Baca juga: Lagi Liburan di Pantai? Ini 4 Cara Menghindari Pasir Menempel di Smartphone

Kondisi paling parah yang mungkin terjadi adalah air hujan bisa masuk dan mengendap di dalam HP. Bila air hujan dibiarkan mengendap di HP, komponen-komponen yang ada di dalamnya bisa mengalami kerusakan.

Untuk mencegah kerusakan komponen karena HP kehujanan pengguna penting mengetahui cara mengatasinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan? Atau, apa yang harus dilakukan saat HP kehujanan?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan.

Cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan

Cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan itu cukup mudah. Untuk mencegah kerusakan lanjutan akibat kondisi tersebut, pengguna tak perlu panik dan bisa melakukan beberapa hal.

Misalnya, pengguna bisa mematikan HP. Kemudian, pengguna juga bisa mengeringkan HP. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lainnya. Adapun beberapa cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan adalah sebagai berikut.

1. Matikan HP

Jika HP kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting. Oleh karena itu, setelah mengetahui HP kehujanan, sebaiknya langsung matikan HP.

2. Jangan cas HP

Kemudian, supaya tidak terjadi korsleting, pengguna juga perlu untuk menghindarkan HP dari arus listrik. Jadi, saat HP baru terpapar air karena kehujanan, pengguna sangat tidak disarankan untuk mengisi dayanya.

3. Posisikan HP dengan benar

Saat kemasukan air karena kehujanan, segera posisikan HP dengan benar. Letakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah. Kemudian, goyangkan secara perlahan. Tujuannya agar air dapat perlahan menetes keluar.

4. Keringkan HP

Sembari memosisikan HP dengan benar, pengguna bisa mengeringkan permukaan yang terpapar air. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap HP menggunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.

Baca juga: 5 Tips agar HP Tak Overheat di Tengah Cuaca Panas

5. Jangan keringkan HP dengan hair dryer

Kelima, untuk mengeringkan HP, sangat tidak disarankan untuk menggunakan alat pengering rambut (hair dryer). Udara panas yang dihasilkan bisa merusak komponen HP. Selain itu, pengguna juga tidak disarankan untuk memakai alat yang menghasilkan udara bertekanan.

6. Gunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP

Keenam, pengguna bisa menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan dari HP. Adapun aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP adalah aplikasi yang bisa memutar atau menghasilkan suara bernada tinggi dan getaran.

Aplikasi pemutar suara bernada tinggi untuk mengeluarkan air dari speaker HP itu saat ini sudah banyak tersedia di toko aplikasi resmi. Pengguna bisa mencarinya di toko aplikasi resmi dengan kata kunci seperti ini “Water Eject” atau “Speaker Cleaner”.

Penggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP ini cukup mudah. Pengguna tinggal memutar suara bernada tinggi yang tersedia di aplikasi dan meletakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com