Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Barcelona

Menjajal Kebolehan Chipset MediaTek Dimensity 9300, Bisa Bikin Video AI Real-time Tanpa Internet

Kompas.com - 28/02/2024, 09:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek, memamerkan kemampuan pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) chipset kelas atas Dimensity 9300 dalam acara Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024, Selasa (27/2/2024).

Jurnalis KOMPAS.com Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy berkesempatan untuk menjajal berbagai fitur AI di System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 9300 langsung dari booth MediaTek di MWC 2024 Barcelona. 

Salah satu kemampuan menarik Dimensity 9300 yaitu dapat membuat avatar animasi AI yang bisa bergerak, langsung dari kamera smartphone. Ketika pengguna bergerak dan berpose, avatar AI tersebut akan berubah dan mengikuti pergerakan pengguna secara instan.

Kemampuan ini dimiliki Dimensity 9300 karena adanya Low Rank Adaptation (LoRA) Fusion yang diintegrasikan ke dalam platform kecerdasan buatan NeuroPilot.

LoRA merupakan teknik pelatihan model bahasa besar (large language model/LLM) yang diklaim lebih efisien ketimbang teknik lainnya.

LoRA Fusion juga disebut dapat mengurangi kebutuhan media penyimpanan (storage) hingga 90 persen. Proses pelatihan model AI memang akan memakan ruang penyimpanan perangkat.

Saat melakukan demonstrasi pembuatan video animasi AI ini, MediaTek menggunakan software Stable Difussion dengan perintah (prompt) "gambar ke gambar" (image to image). Jadi, gambar AI yang dihasilkan (output) akan mengikuti komposisi gambar yang dipakai (input).

Baca juga: MediaTek Pamer Kemampuan Chip Dimensity 9300, Bikin Video AI dari Teks Lebih Mudah dan Cepat

Hasil percobaan real-time gen-AIKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Hasil percobaan real-time gen-AI
Output yang dimaksud bisa dirancang dengan berbagai desain, misalnya gaya anime Jepang, China tradisional, sci-fi futuristis, zaman kerajaan, dan masih banyak lagi.

"Meski menggunakan prompt image to image, kami tetap memanfaatkan prompt seperti teks untuk mengontrol output gambar dengan lebih baik," kata Nicole Li selaku Marketing Communications MediaTek, kepada KompasTekno, Selasa (27/2/2024).

"Untuk aplikasi demonya sendiri kami bekerja sama dengan perusahaan kecerdasan buatan Tetras.AI. Dan tentunya kecerdasan buatan ini ditenagai oleh MediaTek," Lanjut Nicole.

Dengan demikian, MediaTek mengeklaim bahwa Dimensity 9300 membawa dukungan AI generatif LoRA di smartphone untuk pertama kalinya.

Mampu membuat video AI on-device

Demo Video Diffusion MediaTek di MWC 2024 BarcelonaKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Demo Video Diffusion MediaTek di MWC 2024 Barcelona
MediaTek Dimensity 9300 yang resmi dirilis Oktober 2023 lalu, juga mampu membuat video berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) secara lokal (di dalam perangkat sekaligus) alias on-device.

AI generatif on-device (Edge) memungkinkan video berbasis AI dibuat secara lokal dan offline di perangkat.

Kecerdasan buatan seperti ini menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan pengolahan AI berbasis cloud, seperti performa yang lebih mulus, privasi yang lebih baik, keamanan yang lebih tinggi, latensi rendah, serta biaya pengoperasian yang lebih murah.

Adapun pembuatan video AI on-device ini dilakukan secara cepat dan sangat mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com