Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Password WiFi IndiHome dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 04/03/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna untuk mengoperasikan perangkat WiFi dari operator IndiHome. Salah satu panduan dasar itu seperti cara ganti password WiFi IndiHome.

Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap perangkat WiFi selalu dilindungi dengan password atau kata sandi. Password itu dibutuhkan supaya pengguna dapat mengakses jaringan WiFi untuk internetan. Password WiFi biasanya dibuat sendiri oleh pengguna.

Baca juga: 15 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop biar Internetan Lancar, Mudah dan Praktis

Idealnya, pengguna akan mengingat password WiFi IndiHome buatannya sendiri. Meski demikian, lupa password WiFi IndiHome tetap bisa terjadi, entah karena kombinasinya terlalu sulit atau jarang memasukkannya lagi di perangkat.

Jika lupa, pengguna tak perlu panik. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti password WiFi IndiHome. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga kalau lupa, pengguna perlu mengetahui cara mengganti password WiFi IndiHome.

Lantas, bagaimana cara mengganti password WiFi IndiHome? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara ganti password WiFi IndiHome dengan mudah dan praktis.

Cara mengganti password WiFi IndiHome

Cara mengganti password WiFi IndiHome itu sejatinya cukup mudah. Pengguna bisa melakukannya melalui halaman pengaturan router yang dapat diakses melalui browser. Namun, untuk mengaksesnya, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Adapun beberapa hal tersebut adalah alamat IP dari router serta informasi username dan password untuk login ke halaman pengaturan router.

Baca juga: 13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

Tiap router Indihome memiliki alamat IP yang berbeda-beda, bergantung dari model dan mereknya. Sebagai contoh, pada router merek ZTE terdapat beberapa alamat IP, antara lain seperti "192.168.1.1", "192.168.1.253", atau "192.168.1.254".

Kemudian, sama seperti alamat IP, terdapat kombinasi username dan password yang berbeda-beda pula untuk bisa login ke halaman pengaturan router Indihome.

Misalnya, pada router merek ZTE terdapat beberapa kombinasi username dan password dari halaman pengaturan router seperti yang tertera di bawah ini:

  • Username: admin, Password: admin
  • Username: user, Password: user
  • Username: admin, Password: Telkomdso123

Informasi soal alamat IP router serta username dan password untuk login ke halaman pengaturan router itu biasanya bisa ditemukan di bagian belakang router. Setelah mendapatkan informasinya, adapun cara ganti password WiFi IndiHome adalah sebagai berikut:

  • Buka browser, lalu ketik dan kunjungi alamat IP router Indihome, misalnya “192.168.1.1”.
  • Setelah halaman pengaturan router terbuka, masukkan kombinasi username dan password dari alamat IP, misalnya “user” dan “user”.
  • Setelah berhasil login router Indihome, bakal muncul beberapa menu pengaturan perangkat.
  • Untuk ganti password WiFi, cari dan buka menu pengaturan bertajuk “Network” atau “Local Network”.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “WLAN” dan klik opsi “WLAN SSID”. Untuk diketahui, opsi “WLAN SSID” merupakan tempat mengatur identitas (nama dan password) dari router yang sedang digunakan.
  • Pada opsi “WLAN SSID”, cari nama router yang sedang Anda gunakan.
  • Selanjutnya, di bawah nama router, terdapat kolom passphrase. Ubah password wifi di kolom tersebut dengan kombinasi yang baru.
  • Setelah menggantinya, silakan klik opsi “Apply” dan pengguna bakal memiliki password WiFi IndoHome yang baru.

Cukup mudah bukan cara mengganti password WiFi IndiHome? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu khawatir lagi jika lupa password WiFi IndiHome sendiri. Sebab, pengguna bisa mengubah password pada WiFi IndiHome secara mandiri.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara ganti password WiFi IndiHome dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di HP, Mudah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com