Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17.4 Dirilis, Bawa 100 Emoji Baru dan Fitur Baca Pesan Siri

Kompas.com - 06/03/2024, 10:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi iOS 17.4 untuk pengguna iPhone secara global, pada Rabu (6/3/2024). iOS 17.4 membawa sejumlah fitur baru untuk aplikasi Podcast, asisten virtual Siri, dan lebih dari 100 emoji anyar.

Yang spesial, melalui iOS 17.4 ini Apple membuka jalan untuk pengguna iPhone menginstal aplikasi dari luar toko aplikasi Apple App Store alias sideload. Namun, kemampuan sideload ini hanya berlaku bagi pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa.

Fitur baru, dari Siri hingga Podcast untuk pengguna global

Bagi pengguna global, iOS 17 membawa beberapa fitur anyar. Misalnya di aplikasi Apple Podcast, ada fitur transkrip audio yang dibuat secara otomatis untuk podcast berbahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol. Pengguna dapat mencari frasa atau kata tertentu dalam episode.

Di iOS 17.4, Siri juga kini semakin pintar dan memiliki opsi untuk membaca pesan masuk dalam bahasa yang didukung, termasuk Spanyol, Prancis, Jerman, China, dan lainnya.

Kemudian, ada juga dari 100 emoji baru, seperti jeruk nipis, rantai putus, jamur coklat, dan mengangguk/menggelengkan kepala.

Perangkat iPhone 15 yang menggunakan iOS 17.4 juga akan menampilkan lebih banyak informasi terkait baterai di bawah pengaturan Kesehatan Baterai (Battery Health). Termasuk informasi jumlah siklus, tanggal pembuatan, dan kapan baterai pertama kali digunakan.

Terakhir, fitur pengenalan musik yang diperkenalkan di iOS 14.2 kini memungkinkan pengguna menambahkan lagu yang teridentifikasi ke perpustakaan dan daftar putar Apple Music, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/3/2024).

iOS 17.4 kompatibel di-download oleh model iPhone XS dan yang lebih baru. Pengguna bisa menginstal update 17.4 dengan cara pergi ke Settings > General > Software Update.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Air dengan Chip M3, Ini Harganya

iOS 17.4 izinkan sideload untuk pengguna di Eropa

Seperti disebutkan sebelumnya, melalui iOS 17.4 Apple mengizinkan pengguna iPhone di wilayah Eropa untuk menginstal aplikasi dari luar toko aplikasi Apple App Store alias sideload.

Selama ini, Apple paling anti memberikan izin sideload aplikasi, alasannya soal keamanan. Namun, Apple akhirnya mengendurkan aturan ini karena harus mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) Uni Eropa.

Undang-undang anti-monopoli tersebut, mengharuskan Apple memberikan izin sideload sebelum 6 Maret 2024 bila ingin tetap beroperasi di wilayah tersebut. Dengan kemampuan sideload, pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa bisa mengunduh aplikasi dari web browser seperti Google.

Tak hanya itu, iOS 17.4 akan memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk menawarkan “pasar aplikasi alternatif” dan pengunduhan aplikasi dari luar iOS App Store.

Jadi, pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa akan dapat mengunduh toko aplikasi pihak ketiga dari situs web tersebut (di luar App Store).

Namun, agar dapat digunakan di iPhone, marketplace aplikasi tersebut harus melalui proses persetujuan Apple. Selain persetujuan, pengembang juga nantinya harus membayar Apple “Core Technology Fee” yang mengenakan biaya 50 sen euro per instalasi setelah sebuah aplikasi mencapai 1 juta unduhan setiap tahunnya.

Jika toko aplikasi pihak ketiga disetujui, pengguna bisa mengunduhnya, kemudian harus secara eksplisit memberikan izin untuk mengunduh aplikasi dari marketplace ke perangkat iPhone pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com