Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Android Kini Bisa Bikin Stiker Langsung di Aplikasi

Kompas.com - 08/03/2024, 12:05 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) menghadirkan pembaruan beta versi 2.24.6.5 untuk pengguna Android. Pembaruan ini membawa fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp membuat stiker dari gambar, tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Fitur itu sebelumnya sudah tersedia untuk WhatsApp versi iOS, digulirkan pada pertengahan Januari lalu. Saat itu pihak WhatsApp tidak menjelaskan kapan pengguna WA Android kebagian fitur bikin stiker sendiri tanpa perlu keluar aplikasi atau menggunakan aplikasi ketiga.

Nah, sekarang fitur itu mulai hadir untuk sejumlah pengguna WA beta Android.

Sama seperti di iOS, fitur ini memudahkan pengguna Android untuk menjadikan gambar sebagai stiker WhatsApp. Menurut tangkapan gambar yang dibagikan situs pembocor fitur WhatsApp, WABetaInfo, akan tersedia menu untuk membuat stiker pada tab stiker dengan ikon pensil. Ikon itu akan muncul bila pengguna kebagian update beta versi 2.24.6.5.

Baca juga: WhatsApp iOS Bisa Bikin Stiker Tanpa Keluar Aplikasi

Fitur edit stiker WhatsApp di WhatsApp versi beta AndroidWABetaInfo Fitur edit stiker WhatsApp di WhatsApp versi beta Android

Dengan mengetuk ikon tersebut, pengguna akan diarahkan pada serangkaian menu edit gambar untuk menjadikannya sebagai stiker. Misalnya menambahkan teks atau menambahkan aksesori lain ke gambar utama.

Selain mengakses menu dengan ikon pensil, pengguna juga bisa membuat stiker dari gambar yang sudah dikirim lewat chatroom. Setelah gambar dibukan, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih opsi "buat stiker" (creat sticker).

Tidak hanya bikin stiker baru, pengguna dibekali kemampuan untuk memodifikasi stiker yang sudah ada sebelumnya untuk menjadi stiker yang berbeda. Selanjutnya, stiker itu bisa dibagikan ke pengguna lainnya.

Dengan sederet kemampuan itu, pengguna WA Android bisa lebih leluasa dan menyalurkan kreativitasnya ke dalam sebuah stiker WA.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone, Sekarang Bisa Langsung di Aplikasi

Sayangnya fitur bikin stiker sendiri baru tersedia untuk sejumlah pengguna WA beta Android dan akan diperluas ke pengguna beta lainnya dalam beberapa pekan mendatang, dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (8/3/2024).

Pihak WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur ini tersedia dalam versi stabil bagi semua pengguna Android. Namun, kehadirannya ke pengguna beta boleh jadi pertanda bahwa versi stabil segera tersedia.

Sudah tersedia di iOS

Sebelumnya fitur bikin stiker sendiri di WhatsApp tersedia di aplikasi versi iOS pada Januari lalu dan di WhatsApp Web.

Hadirnya fitur ini juga membuat pengguna tidak lagi bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker WhatsApp.

Dukungan ini pun diklaim memangkas proses drag-and-drop gambar dari aplikasi galeri, karena gambarnya sudah terintegrasi dengan WhatsApp. Jadi, pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi.

Di iOS, fitur itu digulirkan bagi pengguna iOS versi 17 ke atas. Adapun pengguna iOS versi lawas hanya bisa memodifikasi stiker yang sudah ada, tanpa kemampuan membuat stiker baru.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Pembuat Stiker Unik Pakai AI

Bila Anda termasuk kategori pengguna iOS yang kebagian, berikut cara membuat stiker WA tanpa keluar aplikasi.

Cara buat stiker WhatsApp dari foto

  • Klik ikon stiker di yang ada di pojok kanan kolom teks
  • Klik ikon "+" untuk membuat stiker baru
  • Pilih gambar dari galeri
  • Edit sesuai keinginan, misalnya dengan memotong gambar, menambahkan item lain atau teks dan lain sebagainya
  • Klik tombol kirim
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by WhatsApp (@whatsapp)

Cara edit stiker WhatsApp

  • Klik ikon stiker di yang ada di pojok kanan kolom teks
  • Tekan lama stiker yang ingin diedit, lalu pilih "edit stiker"
  • Sunting stiker sesuai keinginan Klik tombol kirim
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com