Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp, Cari Chat Berdasarkan Tanggal Lebih Mudah

Kompas.com - 29/02/2024, 14:02 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg (Zuck) mengumumkan fitur baru WhatsApp (WA). Aplikasi pesan instan itu kini dilengkapi fitur pencarian pesan berbasis tanggal.

Fitur itu diumumkan lewat WhatsApp Channel alias saluran WhatsApp pribadi Zuck pada Rabu (28/2/2024). Dengan fitur itu, pengguna bisa mencari riwayat pesan atau obrolan berdasarkan tanggal pesan tersebut dikirimkan.

Menurut postingan Zuck, tersedia opsi untuk memilih tanggal di kolom pencarian pesan WhatsApp. Opsi itu ditandai dengan ikon kalender dan lensa pembesar. Namun untuk menjangkau opsi itu, pengguna perlu mengeklik ikon lensa pembesar di halaman profil suatu kontak atau grup WA.

Lewat postingannya, Zuck juga menunjukkan bagaimana fitur itu berkerja. Ketika ikon kalender muncul di kolom pencarian dan diklik, pengguna akan disuguhkan tampilan kalender bulanan.

Baca juga: Kirim Foto HD di WhatsApp Bakal Lebih Mudah, Tak Perlu Atur Manual

Dari situ, pengguna bisa menggeser bulan dan tahun, hingga memilih tanggal. Dengan begitu, WhatsApp akan menampilkan pesan termasuk pesan media yang dikirimkan pada tanggal yang dipilih.

"Fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal sangat berguna jika Anda ingin membaca kembali sebuah pesan yang sempat membuat Anda tersenyum, atau untuk memastikan kapan Anda mengirimkan sebuah informasi kepada seseorang. Dengan fitur ini, menelusuri percakapan pribadi Anda menjadi lebih mudah," demikian keterangan WhatsApp yang diterima KompasTekno, Kamis (29/2/2024).

Fitur ini sudah diluncurkan WhatsApp ke pengguna Android, iOS, Mac, hingga WhatsApp web secara bertahap. Untuk mencoba fitur ini, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Klik suatu percakapan
  • Ketuk nama kontak atau grup pada bagian atas
  • Klik ‘Cari’ untuk membaca pesan pada tanggal yang diinginkan

Cara pakai fitur cari chat WhatsApp berdasarkan tanggalWhatsApp Cara pakai fitur cari chat WhatsApp berdasarkan tanggal

Rilis format teks baru

Pekan lalu, WhatsApp juga meluncurkan fitur baru, yakni format teks yang lebih mudah seperti dalam dokumen.

WhatsApp menambahkan empat opsi pemformatan teks dalam aplikasi. Keempat opsi itu antara lain "Daftar berpoin", "Daftar bernomor", "Blok kutipan" dan "Kode berderet".

Dengan opsi itu, pengguna bisa lebih mudah menyusun pesan agar lebih rapi dan lebih mudah dipahami pengguna lainnya.

Baca juga: WhatsApp Rilis Format Teks Baru, Bisa Bikin Daftar Poin, Nomor, dan Kutipan

Bagi pengguna yang sering bersinggungan dengan dokumen berbasis teks, opsi format itu mungkin tidak asing lagi. Hanya saja, cara penggunaan format ini di WhatsApp agak berbeda dengan aplikasi dokumen lain macam Microsoft Office.

Berikut rincian kegunaan sekaligus cara memakai opsi format teks di WhatsApp.

WhatsApp merilis format teks baru, Kamis (22/2/2024). Pengguna kini bisa membuat daftar poin, angka, dan memblok kutipan. KOMPAS.com/Lely Maulida WhatsApp merilis format teks baru, Kamis (22/2/2024). Pengguna kini bisa membuat daftar poin, angka, dan memblok kutipan.

Daftar berpoin

Format ini berguna untuk membantu menguraikan langkah-langkah dalam suatu proses, membuat daftar bahan-bahan dalam resep atau menyebutkan poin-poin utama dari sebuah pesan.

Cara pakainya, gunakan tanda "-" (hanya strip), diikuti dengan satu spasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com