Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Gunanya Kamera 200 MP di Xiomi Redmi Note 13 Pro

Kompas.com - 08/03/2024, 13:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan lini ponsel Redmi Note 13 Series di Indonesia pada akhir Februari lalu. Ada lima model yang ditawarkan, tiga di antaranya merupakan model "Pro", yakni Redmi Note 13 Pro, Redmi Note 13 Pro 5G, dan Redmi Note 13 Pro Plus 5G.

Ketiga ponsel tersebut sama-sama dibekali kamera utama dengan resolusi sangat tinggi, mencapai 200 MP. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan kebanyakan ponsel kelas mid-range lain di pasaran.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 4G, Note 13 5G, Note 13 Pro 4G, dan Note 13 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Namun, apakah kamera beresolusi 200 MP ini sekadar gimmick atau benar-benar berguna? KompasTekno coba memotret dengan Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G untuk menemukan jawabannya.

Bisa zoom tanpa kamera telephoto

Redmi Note 13 Pro Plus 5G sebenarnya tidak memiliki kamera telephoto, tapi aplikasi kameranya memuat pilihan zoom 2x dan 4x. Hal serupa juga akan ditemukan di Redmi Note 13 Pro 4G dan Redmi Not 13 Pro 5G.

Zoom tersebut tak lain diwujudkan lewat sensor 200 MP milik ketiga ponsel, lewat sebuah fitur bernama "in-sensor zoom".

Saat melakukan zooming, baik 2x maupun 4x, atau di antaranya, kamera sebenarnya hanya mengambil gambar dari sebagian atau bagian tengah sensor saja agar menghasilkan bidang pandang yang lebih sempit, menyerupai efek zoom optis dengan lensa telephoto.

Aplikasi kamera Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G menawarkan zoom hingga 4x dan mode pengambilan gambar dengan resolusi penuh kamera utama sebesar 200 MPKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aplikasi kamera Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G menawarkan zoom hingga 4x dan mode pengambilan gambar dengan resolusi penuh kamera utama sebesar 200 MP
Dengan kata lain, kamera melakukan "cropping" dari bagian tengah sensor, tapi ini dilakukan saat pengambilan gambar, bukan setelah foto direkam.

Perlu ditambahkan bahwa "in-sensor zoom" berbeda dari digital zoom. Sebab, digital zoom memaksakan pembesaran dari gambar beresolusi rendah sehingga hasilnya terlihat "pecah" atau buram, seperti misalnya di ponsel flagship dengan tingkat zoom hingga ratusan kali.

Sebaliknya, in-sensor zoom menggunakan piksel asli dari sensor sehingga hasilnya seharusnya tetap tajam. Efek pembesaran dihasilkan bukan secara digital seperti upscaling dalam software pengolah gambar, tapi hasil "cropping" area penangkap gambar di sensor.

Image hasil akhir pun tetap memiliki resolusi asli yang tinggi (12 MP) karena sensor memiliki resolusi sangat besar (200 MP), sehingga jika hanya sebagian yang mengambil gambarpun, jumlah pikselnya masih mencukupi.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 13 Pro 5G di Indonesia

Perbandingan tingkat zoom 1x, 2x, dan 4x di Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G. Ketiga tingkat zoom diambil dengan kamera yang sama, yakni kamera utama 200 MP, dengan in-sensor zoom untuk tingkat zoom hingga 4x.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan tingkat zoom 1x, 2x, dan 4x di Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G. Ketiga tingkat zoom diambil dengan kamera yang sama, yakni kamera utama 200 MP, dengan in-sensor zoom untuk tingkat zoom hingga 4x.

Walhasil, berdasarkan pengujian KompasTekno, zoom 2x dan 4x di kamera Redmi Note 13 Pro Plus 5G yang sebenarnya menggunakan kamera utama ternyata memang tampak tajam.

Nyaris sama tajamnya dengan gambar 12 MP tingkat zoom 1x dari kamera utama apabila dibandingkan side-by-side dengan magnifikasi 100 persen (actual size) di layar komputer, tapi tentunya dengan bidang pandang berbeda (zoom 2x dan 4x).

Xiaomi pun seolah mendayung sekali tapi melampaui dua-tiga pulau. Redmi Note 13 Pro 4G, Pro 5G, serta Pro Plus 5G bisa melakukan zoom dengan kualitas hampir setara optical zoom dengan lensa, tanpa harus menggunakan kamera telephoto.

Foto 200 MP kaya detil

Selain in-sensor zoom, Redmi Note 13 Pro Plus 5G juga menawarkan kemampuan menjepret foto dengan resolusi penuh sensor sebesar 200 MP. Pilihan ini disediakan langsung di aplikasi kamera.

Bagaimana dengan hasil tangkapan gambarnya? Ternyata kaya detil, tajam, dan bisa jauh berbeda dari gambar 12 MP, seperti bisa dilihat dari perbandingan actual size foto dalam masing-masing resolusi di bawah.

Perbandingan detil dalam pembesaran gambar hasil jepretan foto 12 MP dan 200 MP  kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan detil dalam pembesaran gambar hasil jepretan foto 12 MP dan 200 MP kamera utama Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com