Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Link Jadwal Imsak, Sholat, dan Buka Puasa Ramadhan 2024 di Seluruh Wilayah Indonesia

Kompas.com - 10/03/2024, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya bakal membutuhkan jadwal imsak, sholat (kata baku: salat), dan buka puasa selama bulan Ramadhan 2024 (kata baku: Ramadan). Jadwal itu biasa disebut juga dengan jadwal imsakiyah.

Di bulan Ramadhan 2024 atau Ramadhan 1445 H, umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, setiap hari yang dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Baca juga: 5 Aplikasi Niat Puasa dan Kumpulan Doa Sehari-hari Saat Ramadhan

Untuk mendukung kelancaran menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, salah satunya jadwal imsakiyah, yang mencakup semua jadwal sholat, jadwal imsak, waktu terbit fajar, dan jadwal buka puasa setiap hari.

Jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 perlu diketahui supaya pengguna dapat memulai dan mengakhiri ibadah puasa di setiap harinya secara tepat waktu. Jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 bisa berbeda-beda di tiap wilayah Indonesia.

Saat ini, jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 sudah banyak tersedia di berbagai platform, seperti platform dari Kementerian Agama (Kemenag), organisasi Islam Muhammadiyah, dan platform dari organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Pengguna bisa memeriksa jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 di berbagai wilayah Indonesia melalui platform-platform tersebut. Jika tertarik untuk memeriksanya, berikut adalah daftar link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 dari berbagai platform.

Daftar link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024

1. Link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 Kemenag

Cara cek jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 di situs Kemenag.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara cek jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 di situs Kemenag.

Link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 yang pertama datang dari situs Bimas Islam Kemenag. Adapun link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 dari situs Bimas Islam Kemenang adalah sebagai berikut:

Di tautan tersebut, pengguna bisa memasukkan nama provisi dan kota/kabupaten yang hendak dicek jadwal imsakiyah-nya. Setelah muncul jadwalnya, pengguna bisa mengunduh ke perangkat dalam format XLS yang bisa dibuka melalui Microsoft Excel.

Baca juga: 5 Aplikasi Resep Makanan buat Sahur dan Buka Puasa

2. Link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 Muhammadiyah

Ilustrasi jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 Muhammadiyah.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 Muhammadiyah.

Kedua, terdapat link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 dari organisasi Islam Muhammadiyah untuk berbagai wilayah di Indonesia. Adapun jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 dari Muhammadiyah adalah sebagai berikut:

Di tautan tersebut, pengguna bisa mengunduh file jadwal imsakiyah selama bulan Ramadhan 2024 untuk berbagai wilayah di Indonesia. Lewat file itu, pengguna bisa melihat jadwal imsak, waktu terbit fajar, dan jadwal semua sholat.

3. Link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 NU

Ilustrasi aplikasi NU Online Super Apps.Google Play Store Ilustrasi aplikasi NU Online Super Apps.

Link jadwal imsakiyah Ramadhan 2024 yang ketiga disediakan oleh organisasi Islam NU melalui aplikasi NU Online Super App. Pengguna bisa mengunduh aplikasi NU Online Super App lewat tautan ini:

Di aplikasi tersebut, pengguna bisa melihat jadwal imsakiyah Ramadhan 2024, yang meliputi jadwal imsak, waktu terbit fajar, dan jadwal semua sholat. Jadwal tersebut akan disesuaikan dengan lokasi tempat pengguna berada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com