Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Rancangan HP Gulung Samsung dengan Pendeteksi Kualitas Udara

Kompas.com - 13/03/2024, 13:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung saat ini dikenal sebagai pemimpin pasar smartphone lipat lewat produk dari lini seri Galaxy Z. Vendor asal Korea Selatan ini tampaknya ingin membuat inovasi lain, yakni smartphone dengan layar yang bisa digulung (rollable).

Samsung diketahui mengajukan permohonan paten ke Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (United States Patent and Trademark Office/USPTO).

Dokumen itu kemudian diterbitkan oleh USPTO pada 29 Februari 2024 lalu dan dibagikan oleh pembocor gadget (tipster) @xleaks7 lewat situs Pigtou. Dari dokumen ini terungkap bagaimana rancangan dan desain dari HP gulung Samsung.

Menurut gambar dalam dokumen itu, Samsung mematenkan perangkat yang layarnya bisa diperluas dengan cara digeser atau ditarik vertikal ke atas. Namun belum jelas berapa ukuran layar dalam kondisi biasa atau saat dibentangkan.

Yang jelas, smartphone itu bakal memiliki ukuran yang compact dalam mode normal. Selain dapat digulung, smartphone ini juga dibekali sensor kualitas udara. Saat ini belum ada ponsel yang bisa mengukur langsung kualitas udara di sekitar. 

Baca juga: Wujud HP Layar Gulung Tecno Phantom Muncul di MWC 2024

Gambar paten HP gulung SamsungSamsung Gambar paten HP gulung Samsung
Secara teknis Samsung memanfaatkan konsep geser pada smartphone ini untuk membuka atau menutup pipa yang mengalirkan udara luar ke sensor di ponsel. Jadi, ketika layar ponsel dibentangkan sepenuhnya, maka pipa juga terbuka.

Sebaliknya, ketika layar ponsel dalam ukuran normal tanpa dibentangkan, maka pipa pun menjadi tertutup.

Konsep itu sekaligus meningkatkan reaksi sensor dalam mendeteksi kualitas udara, tanpa merusak komponen internal lain dan tanpa perlu aksesori tambahan.

Kendati demikian, HP gulung ini masih dalam tahap rancangan desain. Samsung bisa saja memanfaatkan paten ini baru sebatas untuk produk eksplorasi atau percobaan perusahaan, bukan produk komersil.

Namun, paten ini juga boleh jadi merupakan bisa menjadi desain dari smartphone komersil yang akan dibawa Samsung di masa depan.

Mirip paten 2022

Pada tahun 2022 Samsung juga ketahuan mematenkan beberapa rancangan ponsel layar gulung. Salah satunya mirip dengan paten yang diterbitkan tahun ini.

Persamaannya adalah gaya gesernya yang vertikal. Namun, saat itu layarnya harus digeser ke bawah, bukan ke atas seperti paten tahun ini.

Samsung mematenkan desain ponsel gulungnya (Sumber: Phone Arena) Samsung mematenkan desain ponsel gulungnya (Sumber: Phone Arena)
Adapun dua paten lainnya menunjukkan ponsel yang layarnya bisa ditarik ke samping alias horizontal.

Salah satu gambar paten menunjukkan layar yang bisa ditarik ke samping. Menjadikan layarnya memiliki aspect ratio layar yang lebih standar.

Paten kedua dari desain ponsel layar gulung milik Samsung, terdiri dari layar lebar yang sudah ditarik (tengah), layar baian depan (tengah), dan layar bagian belakang (kanan) (Sumber: Phone Arena) Paten kedua dari desain ponsel layar gulung milik Samsung, terdiri dari layar lebar yang sudah ditarik (tengah), layar baian depan (tengah), dan layar bagian belakang (kanan) (Sumber: Phone Arena)

Desain ini juga bertujuan menyederhanakan desain, menghemat daya, serta memperluas ruang di dalam perangkat.

Kemudian paten lainnya memiliki konsep layar yang ditarik ke samping (horizontal), tetapi juga menyertakan bagaimana kamera akan ditempatkan di layar yang bisa ditarik-ulur, dan cara kerjanya.

Baca juga: Samsung Galaxy A55 5G: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Paten dari desain Samsung ketiga untuk ponsel layar gulung (rollable) (Sumber: Phone Arena) Paten dari desain Samsung ketiga untuk ponsel layar gulung (rollable) (Sumber: Phone Arena)

Desain ini juga bertujuan menyederhanakan desain, menghemat daya, serta memperluas ruang di dalam perangkat.

Sayangnya hingga kini rangkaian paten itu masih sebatas paten saja. Belum ada smartphone Samsung dengan layar gulung yang sudah dikomersilkan hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com