Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Membuat Konten Tema Ramadhan di Canva, Lebih Mudah dan Praktis

Kompas.com - 17/03/2024, 10:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Ramadhan 2024 tiba dan umumnya suasana bulan puasa akan dipenuhi dengan nuansa berbagai ornamen semarak Ramadhan. Tak terkecuali dengan konten-konten berbagai media sosial yang biasanya turut mengunggah berbagai tema Ramadhan.

Berbagai kreator konten pun turut berkreasi membuat beragam konten tema Ramadhan baik dengan gambar atau video. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten berbagai tema Ramadhan adalah Canva.

Canva merupakan platform desain online yang memungkinkan pengguna bisa mendesain berbagai konten secara instan dan mudah. Salah satunya menggunakan template desain dengan berbagai tema yang bisa disesuaikan dengan kreativitas.

Bagi Anda yang tertarik membuat konten tema-tema Ramadhan di Canva, selengkapnya berikut ini tips membuat konten tema Ramadhan di Canva.

Baca juga: Cara Kolaborasi Desain di Canva biar Bisa Ngedit Bareng

Manfaatkan template Ramadhan Canva

Canva menyediakan berbagai template desain dengan beragam tema. Salah satunya tema Ramadhan. Cara mencari tema Ramadhan, Anda cukup menuju pencarian dan ketikkan “Ramadhan”.

Nantinya And akan disuguhkan dengan berbagai template Ramadhan gratis maupun berbayar yang bisa Anda kreasikan. Menariknya, Anda bisa menggunakan template Canva dengan mudah hanya dengan mengganti ornamen-ornamen tertentu.

Template Ramadhan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan konten, seperti feed Instagram, Instagram Stories, atau animasi bergerak.

Menggunakan elemen Ramadhan

Canva menyediakan berbagai elemen dan ornamen Ramadhan gratis dan berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk konten-konten Anda. Elemen ini memiliki beragam karakter, jenis, damn tema yang bisa ditambahkan dalam konten bertema Ramadhan.

Cara mencari elemen-elemen tersebut, pengguna cukup melihat bagian menu bar sebelah kiri, kemudian pilih “Elements”, ketikkan kata kunci ornamen yang Anda cari misalnya “Ramadhan”, nantinya elemen-elemen desain akan menampilkan berbagai gambar dan karakter bertema Ramadhan.

Gunakan template teks

Selain template desain dan elemen, Canva juga menyediakan template teks dengan berbagai gaya teks yang menarik. Hal ini tentu memudahkan pengguna yang ingin menambahkan teks dengan gaya tertentu tanpa harus repot dan bingung mencari jenis font tertentu.

Selain menarik secara visual, konten Ramadhan Anda juga harus informatif dan edukatif. Anda bisa membuat konten terkair tips puasa, amalan Ramadhan, hingga sejarah Ramadhan. Perhatikan juga waktu dalam mengunggah konten di media sosial.

Tambahkan informasi tambahan lewat caption agar konten semakin mudah informatif dan mudah ditemukan. Selamat mencoba.

Baca juga: 5 Fitur Canva yang Bisa Digunakan untuk Media Pembelajaran Sekolah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com