Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ShopBack Pangkas Karyawan, 195 Orang Di-PHK Dadakan

Kompas.com - 20/03/2024, 12:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform belanja, hadiah cashback, dan pembayaran asal Singapura, ShopBack, memangkas karyawan perusahaan pada Selasa (19/3/2024). Sebanyak 195 karyawan ShopBack terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau setara sekitar 24 persen dari total pekerja.

Keputusan PHK diumumkan ShopBack secara tiba-tiba. Sebab, pendiri dan CEO ShopBack, Henry Chan baru mengumumkannya pada hari yang sama.

"Ini adalah salah satu keputusan tersulit yang harus saya ambil dalam sejarah perusahaan," kata Chan dalam sebuah memo yang turut diunggah di situs resmi ShopBack dengan judul 'Tentang Fokus dan Keberlanjutan - Keputusan yang Menyakitkan'.

Karyawan yang terdampak akan mendapat informasi PHK tersebut satu jam setelah pengumuman. Proses penyelesaian PHK juga dilakukan di hari yang sama, karena di saat itu pula menjadi hari terakhir mereka di ShopBack.

Dalam memonya Chan juga mengungkapkan bahwa dengan merekstukturisasi perusahaan menjadi lebih ramping, akan memungkinkan ShopBack mewujudkan strategi pertumbuhan berkelanjutan.

Baca juga: Data 20 Juta Pengguna Shopback Bocor, Cek Apakah Anda Terdampak

Ia pun menerangkan sekilas bagaimana dirinya dan para pihak terkait meninjau berbagai peran, mulai dari yang paling senior, guna menentukan peran mana yang cocok untuk ShopBack di masa depan.

"Pada akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pemangkasan karyawan yang lebih besar guna meminimalisasi kemungkinan kami melakukannya (PHK) lagi," tutur Henry Chan.

Adapun karyawan yang terdampak PHK mendapat kompensasi gaji selama dua bulan sejak pemberitahuan diterima serta pesangon sesuai dengan aturan yang berlaku.

ShopBack juga memberikan bonus yang setara dengan gaji karyawan selama satu bulan serta pencairan cuti yang belum terpakai.

Tunjangan lainnya yaitu perpanjangan asuransi kesehatan, akses ke dukungan kesehatan mental sampai 30 Juni 2024, serta dukungan transisi karier.

Bagi karyawan dari luar Singapura yang memilih kembali ke negara asalnya, ShopBack akan menanggung biaya kepulangan termasuk tiket pesawat dan lain sebagainya.

Hal itu ditetapkan demi "memastikan transisi yang lancar untuk kembali ke negara asal bila itu pilihan mereka," ujar Chan.

Baca juga: EA PHK 600-an Karyawan, Sejumlah Proyek Game Disetop

eBay PHK 1.000 karyawan

Gelombang PHK masih bergulir hingga saat ini, khususnya di industri teknologi. Akhir Januari lalu, platform jual beli online (marketplace) asal Amerika Serikat, eBay memangkas ribuan karyawannya. Sekitar 1.000 pekerja penuh waktu (full-time) eBay diberhentikan dari perusahaan.

Angka itu mewakili sekitar 9 persen dari total karyawan eBay. Tidak hanya pekerja full-time saja, eBay juga sudah mencanangkan pemangkasan karyawan kontrak. Namun, jumlahnya tidak dirinci perusahaan yang berbasis di San Jose, California, AS itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com