Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar HP dan Tablet Xiaomi yang Kebagian Android 15

Kompas.com - 20/03/2024, 18:05 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Xiaomi resmi mengumumkan daftar perangkat yang kebagian sistem operasi (OS) Android 15. Daftar ini mencakup smartphone hingga tablet dari merek Xiaomi, serta sub-brand-nya Redmi dan Poco.

Setidaknya ada total 22 perangkat Xiaomi yang bakal kebagian Android 15. Beberapa di antaranya merupakan produk baru, termasuk Xiaomi 14 Ultra, Xiaomi Pad 6, Redmi Note 13 series hingga Poco M6 Pro.

Saat ini, perangkat itu sebagian besar berjalan dengan antarmuka (user interface/UI) HyperOS yang berbasis Android 14. Nah nantinya, perangkat dalam daftar ini akan mendapat update ke Android 15. Berikut rincian daftarnya.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Daftar Terbaru Perangkat yang Kebagian HyperOS, Ada Redmi Pad SE

Daftar HP dan tablet Xiaomi yang kebagian Android 15

  1. Xiaomi 14 Ultra
  2. Xiaomi 14
  3. Xiaomi 13 Pro
  4. Xiaomi 13
  5. Xiaomi 13 Lite
  6. Xiaomi 13T Pro
  7. Xiaomi 13T
  8. Xiaomi 12 Pro
  9. Xiaomi 12
  10. Xiaomi 12T Pro
  11. Xiaomi 12T
  12. Xiaomi Pad 6
  13. Redmi Note 13
  14. Redmi Note 13 5G
  15. Redmi Note 13 Pro
  16. Redmi Note 13 Pro 5G
  17. Redmi Note 13 Pro Plus 5G
  18. Redmi 13C
  19. Redmi Note 12
  20. Redmi 12 5G
  21. Redmi 12
  22. Poco M6 Pro 5G

Perlu dicatat bahwa daftar di atas adalah daftar awal. Boleh jadi daftarnya bertambah seiring bergulirnya pembaruan Android 15.

OS Android 15 sendiri sejauh ini masih dalam versi pengembang alias Developer Preview. Jadi belum tersedia dalam versi stabil untuk pengguna. OS itu diperkirakan baru diumumkan resmi pada Oktober 2024.

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Google I/O Digelar 14 Mei 2024, Ada Android Baru?

Adapun jadwal ketersedian untuk 22 perangkat Xiaomi di atas juga belum diumumkan. Ada kemungkinan Android 15 digulirkan untuk perangkat Xiaomi di China mulai pada akhir tahun, menyusul diumumkannya OS Android terbaru tersebut.

Selanjutnya bakal disusul perilisan Android 15 ke perangkat Xiaomi secara global, mulai pada kuartal I-2025, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (20/3/2024).

Walaupun begitu, jadwal tersebut merupakan perkiraan. Pihak Xiaomi belum memberikan jadwal resmi perilisan update Android 15 untuk 22 perangkat dalam daftar di atas. Kita tunggu saja.

Fitur baru Android 15

Google belum lama ini mengumbar OS Android untuk pertama kali ke publik. Sama seperti Android 14 tahun lalu, versi Android 15 yang diperkenalkan pertama kali adalah versi pengembang (Developer Preview).

Google sebenarnya tak mengumbar desain atau tampilan suksesor Android 14 tersebut. Namun dalam penjelasan mengenai Android 15 Developer Preview, Google mengatakan OS ponsel tersebut kini fokus di peningkatan fitur, terutama di aspek konektivitas antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Baca juga: Google Umbar Android 15 Versi Awal, Ini Fitur Barunya

Di Android 15, pengguna disebut akan lebih mudah mensikronisasi dan melakukan integrasi antara hardware dan software dalam satu ekosistem Android. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati fitur-fitur dari suatu aplikasi atau aksesori yang terhubung dengan ponsel mereka secara maksimal.

Ilustrasi Android 15.TheVerge Ilustrasi Android 15.

Selain peningkatan integrasi software dan hardware, Google juga meningkatkan fitur yang bisa memantau pemakaian baterai dari suatu aplikasi, terutama berdasarkan konsumsi prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), dan lain sebagainya. Artinya, pengguna bisa lebih mencermati aplikasi apa saja yang membuat baterai boros.

Lalu, Android 15 juga membawa peningkatan fitur privasi dan keamanan untuk sistem dan file dari sebuah aplikasi. Salah satu peningkatan ini hadir lewat versi terbaru Privacy Sandbox, dan dengan fitur tersebut, pengguna bisa memantau aplikasi apa saja yang mengancam privasi dan keamanan pengguna.

Baca juga: Inikah Nama Android 15 yang Akan Meluncur Tahun Depan?

Android 15 juga hadir dengan peningkatan di sejumlah aplikasi sistem, salah satunya aplikasi Screen Recorder yang kini bisa merekam kegiatan di satu aplikasi (bukan di satu layar yang sedang dilihat).

Ada pula beberapa pembaruan lainnya seperti peningkatan fitur dan kualitas kamera untuk aplikasi ketiga. Kini, para pengembang aplikasi yang memanfaatkan kamera ponsel bisa menambahkan fitur-fitur kamera yang ada di aplikasi kamera sistem, macam fitur low light, intensitas cahaya lampu kamera ponsel atau flash, dan lain sebagainya.

Soal ketersediannya, Android 15 versi Developer Previews disebar ke para pengembang mulai Februari hingga Maret.

Selanjutnya, Android 15 versi Beta akan disebar sekitar April hingga Juli mendatang, sedangkan versi stabil diprediksi akan meluncur setelah bulan Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com