Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kaget Tampilan WhatsApp Berubah, Ini Penyebabnya

Kompas.com - Diperbarui 02/04/2024, 10:45 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna geger dengan tampilan baru WhatsApp (WA) yang mendadak berubah dari tampilan sebelumnya. Hal ini juga banyak dialami oleh pengguna WhatsApp di Indonesia, khususnya untuk WhatsApp versi Android.

Perubahan tampilan WhatsApp utamanya terjadi pada tata letak bar menu utama aplikasi. Sebelumnya, bar menu WhatsApp ditempatkan di atas daftar obrolan. Sekarang, sebagian pengguna mendapati bar menu itu diposisikan di bawah obrolan.

Konsep itu mirip seperti WhatsApp versi iOS. Sebab, WA versi iOS juga dilengkapi bar menu di bawah daftar obrolan.

Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).

Pengguna yang mendapati perubahan tampilan WhatsApp tidak perlu kaget. Sebab, perubahan itu memang dilakukan resmi pihak WhatsApp untuk aplikasi WA versi Android.

Baca juga: Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

Menurut penjelasan WhatsApp, perubahan tampilan itu ditujukan agar memudahkan pengguna mengakses menu.

"Tab (menu) yang sebelumnya berada di bagian atas layar Anda, kini berada di bawah agar lebih mudah diakses," demikian keterangan pihak WhatsApp, dikutip dari laman Pusat Bantuan WhatsApp.

Perubahan tampilan itu akan terjadi bila pengguna menginstal pembaruan WhatsApp. Adapun pembaruannya digulirkan WhatsApp ke pengguna secara bertahap sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

KompasTekno saat ini juga sudah kebagian tampilan baru WhatsApp Android, antara lain pada aplikasi versi 2.24.5.76 serta WA Android beta versi 2.24.6.10.

Karena bertahap, boleh jadi tidak semua pengguna sudah kebagian tampilan baru WhatsApp. Pasalnya, beberapa aplikasi WA tim KompasTekno juga belum kebagian tampilan baru.

Meski sudah cukup lama bergulir, pengguna di Indonesia tampaknya baru menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru itu belakangan ini.

Di media sosial seperti X (dahulu Twitter), banyak pengguna yang melaporkan sudah dapat tampilan WhatsApp terbaru seperti gambar di atas. Tak sedikit di antaranya yang mengaku tak suka dengan tampilan WhatsApp terbaru ini.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Bahkan, ada beberapa pengguna yang ingin kembali ke tampilan WhatsApp versi sebelumnya. Namun, apakah ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi sebelumnya?

Tampilan WhatsApp bisa dikembalikan semula?

Secara teknis, aplikasi yang sudah diperbarui tidak dapat dikembalikan ke versi yang lebih lama. Pengguna juga tidak dapat memilih untuk mengunduh aplikasi versi lama di toko aplikasi resmi.

Jadi, suka tidak suka, tampilan WhatsApp terbaru di HP Android harus diterima pengguna, apabila telah melakukan pembaruan aplikasi. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp seperti semula di versi lama.

Tampilan WhatsApp Android berubah dengan bar menu menjadi berada di bawah kolom daftar obrolan, versi sebelumnya di atas.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan WhatsApp Android berubah dengan bar menu menjadi berada di bawah kolom daftar obrolan, versi sebelumnya di atas.

Pengguna juga tidak dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp dengan versi yang lebih lama melalui toko aplikasi resmi, untuk memperoleh tampilan WhatsApp versi lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com