Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 19/03/2024, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat panduan dasar yang perlu diketahui pengguna untuk mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan aplikasi WhatsApp. Panduan dasar itu seperti cara membuka WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

WhatsApp tidak bisa dibuka merupakan masalah yang umum terjadi. Dalam kondisi normal, saat membuka aplikasi WhatsApp, pengguna bisa langsung mengakses berbagai layanan di dalamnya termasuk chat dan telepon.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Namun, ketika masalah ini terjadi, pengguna tak akan bisa membuka aplikasi WhatsApp. Saat dibuka, aplikasi WhatsApp bisa menutup sendiri atau tidak dapat digunakan. Jika mengalami masalah WhatsApp tidak bisa dibuka, pengguna mungkin bakal kerepotan.

Oleh karena itu, dalam rangka berjaga-jaga seandainya mengalami masalah ini, pengguna penting untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka?

Penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, ada baiknya pengguna memahami penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka. Lantas, apa penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka? Terdapat beberapa penyebab yang memungkinkan masalah ini terjadi.

Pertama, penyebab WhatsApp force close bisa muncul karena terdapat bug atau gangguan pada sistem aplikasi dan HP yang dipakai (handphone). Gangguan itu dapat menyebabkan berbagai masalah pengoperasian aplikasi, termasuk membuat WhatsApp tidak bisa dibuka.

Kemudian, penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka adalah versi aplikasi WhatsApp yang digunakan pengguna sudah usang. WhatsApp versi lama kadang membawa sejumlah gangguan yang mengganggu pengoperasiannya di HP.

Selanjutnya, masalah ini bisa disebabkan karena sistem operasi HP yang juga sudah terlalu usang. Aplikasi WhatsApp memiliki persyaratan minimum sistem operasi HP yang harus diperhatikan pengguna.

Jika sistem operasi HP terlalu lama atau tidak memenuhi syarat minimum, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa dibuka. Selain itu, penyebab WhatsApp force close juga bisa datang dari masalah koneksi internet di HP yang kurang memadai.

Saat koneksi internet kurang memadai, aplikasi WhatsApp tidak akan bisa diakses. Kemudian, masalah ini bisa disebabkan pula karena server aplikasi WhatsApp mengalami masalah atau down, sehingga pengoperasiannya di HP pengguna ikut terganggu.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp force close. Penyebab ini penting diketahui supaya pengguna dapat menentukkan solusi yang akan dilakukan. Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka

Cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, pengguna bisa memulai dengan restart aplikasi WhatsApp.

Kemudian, pengguna juga bisa memeriksa apakah server aplikasi WhatsApp mengalami gangguan. Selain itu, masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut.

1. Restart aplikasi WhatsApp

Cara membuka WhatsApp yang tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan restart atau muat ulang aplikasi WhatsApp. Caranya, tutup aplikasi WhatsApp secara penuh, termasuk di latar belakang. Setelah itu, buka kembali aplikasi WhatsApp.

Cara ini dapat menyegarkan kembali aplikasi WhatsApp yang mungkin mengalami gangguan, sehingga tidak dapat memuat suara status.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com