Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Cook ke Indonesia April, Tanda-tanda Buka Apple Store Menguat

Kompas.com - 22/03/2024, 10:54 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Kapan Apple Store buka di Indonesia?"

Pertanyaan ini kerap terlontar dari para pencinta gadget, khususnya fanboy Apple, julukan bagi mereka yang menggemari produk-produk Apple.

Tidak mengherankan memang, mengingat Apple menjadi salah satu pemain besar di pasar smartphone premium Indonesia. Namun hingga saat ini, Apple belum memiliki toko resmi di Indonesia.

Meski mayoritas pasar smartphone Indonesia masih dikuasai oleh HP kelas menengah ke bawah, segmen kelas atas tidak bisa dianggap remeh.

Laporan lembaga riset pasar Counterpoint mencatat bahwa segmen smartphone kelas atas (harga di atas 600 dollar AS/sekitar Rp 9,4 juta) mengalami pertumbuhan 11 persen pada 2023 lalu.

Baca juga: Apple Store Pertama di India Resmi Dibuka, Penantian Setelah 25 Tahun

Kemudian pada laporan Februari 2024, Counterpoint mencatat, pengiriman ponsel premium meningkat, salah satunya karena iPhone 15 series dan beberapa ponsel premium lain, seperti Samsung Galaxy Z Flip5/Fold5 dan OPPO Reno10 Pro Plus.

Dari laporan itu, tercermin bahwa pasar Indonesia seharusnya menjadi salah satu yang berpotensi.

Apalagi pertumbuhan pasar smartphone kelas premium di Indonesia tidak hanya terjadi pada 2023, melainkan juga pada 2022. Saat itu pada kuartal III-2022, peningkatan pasar HP premium tercatat mencapai 19 persen.

Namun, sampai saat ini Apple masih belum menghadirkan toko resmi Apple Store mereka di Indonesia.

Tanda-tanda Apple Store segera buka di Indonesia?

Kendati demikian, pertanyaan itu kemungkinan akan terjawab dalam waktu dekat. Sebab, rumor yang berkembang di kalangan pencinta gadget mengatakan, Apple mulai melirik Indonesia sebagai salah satu lokasi untuk mendirikan Apple Store ketiga di Asia Tenggara.

Tanda-tanda awalnya berasal dari keberadaan akun YouTube resmi Apple yang berbahasa Indonesia. Akun YouTube dengan handle @AppleIndonesia itu memposting sejumlah video yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pantauan KompasTekno, akun ini dibuat sejak 22 Desember 2022 lalu. Sampai saat ini, baru ada tiga belas video yang diunggah. Video yang terakhir yang diunggah adalah perkenalan iPhone 15 Pro dengan subtitle bahasa Indonesia.

Baca juga: Drama Perampokan dan Penyanderaan di Apple Store Amsterdam

Di bagian halam profil akun tersebut, tampak bahwa akun YouTube Apple Indonesia ini terafiliasi dengan 15 akun Apple lain, termasuk akun utama Apple.

Apple juga masif beriklan di Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia melalui Tiktok, televisi dan juga YouTube Indonesia.

Buka lowongan kerja di Indonesia

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com