Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel 8 Pro Bisa Jadi Termometer, Begini Cara Kerjanya

Kompas.com - 08/10/2023, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google meluncurkan smartphone terbarunya, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro dalam acara "Made by Google" pada Rabu (4/10/2023).

Pixel 8 Pro dibekali sejumlah fitur baru dibanding pendahulunya, seperti alat pengeditan foto yang ditenagai kecerdasan buatan (AI), kamera ultra wide yang lebih tajam, hingga sensor temperatur yang bisa mengukur suhu badan, layaknya sebuah termometer.

Meskipun sejatinya bisa digunakan untuk mengukur suhu badan, pengguna saat ini belum bisa memanfaatkan sensor tersebut untuk melakukan hal itu.

Sebab, Google baru mengajukan izin pada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), agar sensor temperatur boleh digunakan untuk mengukur suhu tubuh.

Baca juga: Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Dapat Update Android hingga 2030

Terlepas dari itu, sensor sudah bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya mengukur suhu air ketika memasak, atau melihat seberapa panas kopi yang baru diseduh, sehingga lidah pengguna tidak terbakar ketika meminumnya.

Adapun sensor temperatur ini ditempatkan di punggung Pixel 8 Pro, tepatnya di sebelah kanan deretan kamera, dan di bawah lampu flash LED.

Untuk menggunakannya, pengguna mesti mengakses aplikasi "Thermometer" terbaru di Pixel 8 Pro. Dari sana, aplikasi tersebut akan mengarahkan pengguna untuk memilih material objek yang ingin diukur suhunya.

Kategori material objek yang bisa diukur suhunya dengan sensor temperatur Google Pixel 8 ProThe Verge Kategori material objek yang bisa diukur suhunya dengan sensor temperatur Google Pixel 8 Pro
Kategori yang ada mencakup makanan dan bahan organik, minuman dan air, besi cor, keramik dan kaca, logam matte, logam mengilap, plastik dan karet, kain, kayu, serta dinding dan jendela.

Pilih kategori, kemudian arahkan sensor temperatur smartphone ke objek yang ingin diukur, setidaknya dalam jarak 5 cm (2 inci) untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Lalu, ketuk "Tap to measure" (Ketuk untuk mengukur) untuk memulai pengukuran suhu.

Fitur baru dari Pixel 8 Pro yang dapat dipakai untuk mengecek suhu tubuhThe Verge Fitur baru dari Pixel 8 Pro yang dapat dipakai untuk mengecek suhu tubuh
Nah, nantinya hasil pengukuran akan ditunjukkan dalam skala derajat Fahrenheit. Skala ini kemungkinan bisa diganti dengan menekan tombol F (merujuk pada Fahrenheit) yang terletak di bagian kanan atas aplikasi, di samping kanan "Object temperature".

Baca juga: Inilah Smartphone Pertama yang Dibekali Termometer untuk Cek Suhu Tubuh

Masih bicara soal hasil, aplikasi termometer di Google Pixel 8 Pro tersebut akan menjelaskan, bahwa akurasi pengukuran dapat bervariasi tergantung material yang diukur, serta jarak antara sensor temperatur dan objek.

Akurasi pengukuran juga bisa berbeda untuk suhu objek yang mencapai -5 derajat Fahrenheit dan 300 derajat Fahrenheit (-20 derajat Celcius dan 300 derajat Celcius).

Apabila kurang yakin dengan hasilnya, pengguna bisa menekan tombol "Retry" alias coba kembali di bawah hasil pengukuran.

Bukan yang pertama

Google bukanlah perusahaan teknologi pertama yang mengimplementasi sensor temperatur untuk ponselnya. Pabrikan asal China, Honor pernah meluncurkan smartphone Play 4 Pro pada 2020, yang juga bisa digunakan sebagai pengukur suhu tanpa kontak fisik (contactless).

Honor Play 4 Pro dapat digunakan pula untuk mengukur suhu tubuh. Selain Honor, Samsung pun pernah merilis Galaxy S4 pada 2013 dengan fitur pengukur suhu dan kelembaban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com