Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sembunyikan Nomor di GetContact biar Tidak Dicari Orang Lain

Kompas.com - 24/03/2024, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna aplikasi GetContact mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur “Siapa yang Mencari Nomor Anda”. Fitur ini menampilkan preview daftar kontak yang mencari atau mengidentifikasi kontak Anda.

Dikatakan sebagai “Preview” karena pengguna tidak dapat melihat secara langsung nama kontak yang mencarinya kecuali berlangganan premium.

Selanjutnya pada bagian bawah fitur “Siapa yang Mencari Nomor Anda” juga terdapat daftar siapa saja yang mengecek tag nomor telepon Anda. Bagi sebagian pengguna fitur ini membantu untuk mengidentifikasi kontak tertentu.

Salah satunya memastikan kepercayaan kontak, nama resmi, dan lainnya. Namun tak jarang untuk beberapa orang, hal ini cukup mengganggu privasi. Misalnya saja terdapat kontak tertentu yang selalu mengecek nomor GetContact Anda.

Hal ini tentu menjadi masalah sebagian pengguna karena dirasa cukup mengganggu privasi. Namun GetContact sendiri telah menyediakan fitur “Visibility” yang bisa diatur agar nama Anda tidak muncul dan terdeteksi pengguna lain yang mencari. 

Lantas bagaimana cara sembunyikan nomor GetContact agar tidak mudah dicari orang lain? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Cara Cek Nomor Tak Dikenal di Getcontact via Browser

Cara sembuyikan nomor GetContact agar tidak dicari orang lain

Ilustrasi cara sembunyikan nomor di GetContactKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara sembunyikan nomor di GetContact

  • Masuk ke situs GetContact melalui tautan berikut ini
  • Pilih metode login menggunakan WhatsApp atau SMS
  • Apabila login menggunakan WhatsApp, pengguna akan melalukan scan QR code yang ditampilkan pada situs QR code
  • Selanjutnya kirimkan teks yang tertera pada akun WhatsApp GetContact
  • Setelah proses login selesai pengguna akan menuju laman Home yang menunjukkan statistik pengguna yang mencari nomor Anda serta fitur “Tag” yang berfungsi untuk mengetahui nomor ponsel Anda disimpan dengan nama apa di ponsel pengguna lain
  • Gulir ke bawah kemudian temukan menu “Visibility Settings”
  • Geser toggle di sisi kiri opsi “Search visibility: On” hingga berganti warna menjadi abu-abu (off) Setelah itu muncul jendela notifikasi yang muncul, lalu tekan tombol "Yes"
  • Setelah itu, Anda dapat melakukan tes dengan mencoba mencari nomor Anda di aplikasi GetContact dengan nomor lain

Baca juga: Kenapa Nomor HP Tidak Bisa Dicari di GetContact? Begini Penjelasannya

Setelah mematikan fitur "Visibility", pengguna yang mencari nomor kontak Anda di GetContact akan menerima notifikasi sebagaimana yang disebutkan di atas. Ketika notifikasi ini terlihat, berarti nama kontak Anda berhasil disembunyikan dari pengguna lain. Semoga berhasil dalam mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com