Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Dinilai Sudah Layak Punya Toko Fisik Apple Store

Kompas.com - 28/03/2024, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rencana CEO Apple Tim Cook mengunjungi Indonesia pada 20 April mendatang boleh jadi "sinyal" kehadiran toko resmi Apple Store pertama di Tanah Air. Meski belum dipastikan, kita boleh berharap. Sebab saat ini, penjualan perangkat Apple di Indonesia masih dipegang oleh distributor.

Selain kehadiran Tim Cook, ada juga pertanda lain. Salah satunya berasal dari iklan lowongan kerja yang diunggah Apple. Lowongan kerja itu untuk mengisi beberapa posisi di Indonesia.

Meski belum pasti, Indonesia dianggap layak untuk disambangi Apple Store. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu pasar ponsel yang cukup besar dan berkontribusi di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Satish, salah satu Tech YouTuber dari kanal K2G. Selain pasarnya besar, menurut Satish, Indonesia juga layak memiliki Apple Store karena persaingan pasar ponsel premium di Tanah Air belakangan cukup sengit.

Nah, kehadiran Apple Store di Indonesia, lanjut Satish, bisa mengambil sedikit porsi dari pasar ponsel premium tersebut, tentunya dengan kontrol penuh atas strategi pemasaran yang lepas dari distributor resmi macam iBox Indonesia, Digimap, dll. 

Baca juga: Tim Cook ke Indonesia April, Tanda-tanda Buka Apple Store Menguat

"Sampai sekarang, kita bisa lihat banyak vendor berlomba-lomba meluncurkan ponsel Android ke Indonesia. Bahkan di 2024 ini, beberapa dari mereka berani memasarkan ponsel flagship-nya ke sini, sehingga ini merupakan salah satu tanda bahsa pasar ponsel premium di Indonesia cukup diminati," kata Satish kepada KompasTekno melalui pesan singkat.

Hal serupa disampaikan dua Tech YouTuber lainnya yaitu Malvin dari kanal Bestindotech dan Putu Reza (Reza) dari kanal @projectreview

Malvin menyebut Indonesia memiliki Apple Store karena merupakan pasar ponsel terbesar di Asia Tenggara.

"Pasar Indonesia bisa dibilang yang terbesar di Asia Tenggara, dan Apple punya produk yang bervariatif mulai dari yang cukup terjangkau hingga yang premium seperti brand ponsel lain, sehingga saya anggap Indonesia cukup layak untuk dapat Apple Store," jelas Malvin.

Menurut Malvin, kehadiran Apple Store di Indonesia juga akan memberikan benefit kepada konsumen. Contohnya dari aspek after sales.

Malvin mengatakan, after sales saat ini yang diberikan distributor resmi sebenarnya sudah sesuai standard Apple. Kendati demikian ia mengatakan bahwa konsumen Indonesia juga harus mendapat edukasi tentang arti "garansi" agar memiliki pemahaman yang utuh.

Sementara Tech YouTuber Putu Reza menganggap pengguna perangkat Apple di sini juga sudah tinggi. Hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat Apple Store layak hadir di Indonesia.

"Menurut saya Indonesia layak punya Apple Store, lantaran pengguna Apple di sini sudah banyak dan daya beli masyarakat juga sudah meningkat atau mampu membeli ponsel premium," kata Reza.

Senada dengan Malvin, Reza juga mengatakan bahwa kehadiran Apple Store resmi di Indonesia akan mempermudah after sales bagi para konsumen.

"Seharusnya akan sangat bisa mengakomodir after sales. Apalagi jika melihat testimoni klaim garansi yang seringkali tidak mulus, inden spare part lama, dan pada akhirnya bagi yang mampu malah harus pergi ke Singapura untuk servis," pungkas Reza.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com