Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.5, Bawa Fitur Sideloading dan Mode Perbaikan

Kompas.com - 14/05/2024, 09:53 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi iOS 17.5 untuk pengguna iPhone secara global, pada Senin (13/5/2024). Pembaruan iOS 17.5 hadir lebih dari dua bulan setelah peluncuran iOS 17.4.

iOS 17.5 membawa sejumlah fitur baru untuk aplikasi News, sideloading, Podcast, hingga soal privasi.

Adapun iOS 17.5 kompatibel di-download oleh model iPhone XS dan yang lebih baru. Pengguna perlu menginstal update 17.5 dengan cara pergi ke Settings > General > Software Update.

Berikut deretan fitur baru yang dibawa iOS 17.5.

Baca juga: WhatsApp Punya Tampilan Baru, Versi iOS Jadi Mirip Android dan Warna Lebih Terang

Sideloading dari situs pengembang

Cara mengaktifkan mode DND di HP.Unsplash/Bagus Hernawan Cara mengaktifkan mode DND di HP.
Dengan iOS 17.5, Apple menambah kemampuan mengunduh aplikasi dari pihak ketiga alias sideloading khusus untuk pengguna di wilayah Uni Eropa.

Kini, lewat iOS 17.5, Apple mengizinkan pengguna Uni Eropa (UE) untuk mengunduh aplikasi secara langsung dari situs web pengembang.

Namun, pengembang aplikasi harus menyetujui persyaratan bisnis App Store baru untuk UE di mana mereka perlu membayar Biaya Teknologi Inti (Core Technology Fee) sebesar 0,50 euro (sekitar Rp 8.700) per instalasi baru.

Biaya itu dibayarkan setelah aplikasi mencapai 1 juta unduhan setiap tahunnya. Sebagai promosi, Apple membebaskan biaya Core Technology Fee untuk 1 juta instalasi aplikasi pertama. Jadi, pengembang baru akan dikenai biaya ketika mencapai 1 juta unduhan di tahun kedua.

Ini adalah fitur khusus di Eropa terbaru yang hadir di iPhone. Ketika Apple merilis iOS 17.4 pada bulan Maret, sebagian besar pembaruan tersebut memungkinkan orang-orang di Eropa mengunduh toko aplikasi alternatif untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) Uni Eropa.

Undang-undang anti-monopoli tersebut, mengharuskan Apple memberikan izin sideload sebelum 6 Maret 2024 bila ingin tetap beroperasi di wilayah tersebut. Dengan kemampuan sideload, pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa bisa mengunduh aplikasi dari web browser seperti Google.

Deteksi pelacak pihak ketiga

Lewat update iOS 17.5, Apple merilis fitur Cross-Platform Tracking Protection.

Dengan fitur ini, iPhone dapat memperingatkan pengguna "jika pelacak Bluetooth kompatibel yang bukan milik mereka bergerak bersama mereka, apa pun sistem operasi yang digunakan perangkat tersebut".

Fitur ini ada sebagai perlindungan untuk mencegah penguntitan lewat AirTag, aksesori pelacak yang mengandalkan Bluetooth untuk terhubung ke gadget.

Baca juga: Apple AirTag Bantu Polisi Tangkap Perampok Bersenjata

Fitur mode perbaikan saat servis

Fitur mode perbaikan saat servis iPhone.CNet/ Zach McAuliffe Fitur mode perbaikan saat servis iPhone.
Jika membawa iPhone ke toko Apple untuk diperbaiki, Apple menyarankan untuk mematikan fitur Find My.

Biasanya, pengguna baru mematikan fitur ini ketika berada di tempat. Padahal ketika dimatikan, Apple akan mengaktifkan fitur Stolen Device Protection. Ini bakal membuat proses perbaikan tertunda selama satu jam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com