Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Microsoft Surface Pro Meluncur, Diklaim Lebih Jago dari MacBook Air M3

Kompas.com - 21/05/2024, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan serangkaian produk laptop konvertibel 2-in-1 dari seri Surface dalam acara puncak Microsoft Build di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS), Senin (20/5/2024).

Salah satu yang diperkenalkan adalah Surface Pro. Kini, Surface Pro tidak dilengkapi dengan penamaan berbasis nomor (generasi sebelumnya adalah Surface Pro 9) dan disebut sebagai perangkat Copilot Plus PC.

Perangkat yang masuk ke dalam kategori Copilot Plus PC, diklaim Microsoft dapat menopang kinerja pemrosesan kecerdasan buatan (AI) lebih mumpuni dibanding perangkat lainnya.

Baca juga: Microsoft Umumkan Copilot+ PC, Standar Laptop dengan Dukungan AI

Pada aspek performa, Surface Pro ditenagai dengan chip ARM Qualcomm Snapdragon X Plus yang memiliki prosesor (CPU dengan jumlah inti (core) mencapai 10 unit. Ada pula varian Snapdragon X Elite yang lebih tangguh dengan jumlah inti mencapai 12 unit.

Chip ARM di Surface Pro dikombinasikan dengan RAM LPDDR5X hingga 16 GB, media penyimpanan (storage) SSD hingga 512 GB, serta chip AI alias NPU Hexagon dengan performa mencapai 45 triliun operasi per detik (TOPS).

Khusus untuk Surface Pro Snapdragon X Elite, ada varian RAM 32 GB dan SSD 1 TB, dan varian ini juga hadir dengan layar OLED. Sementara itu, Surface Pro dengan Snapdragon X Plus hanya punya layar IPS LCD.

Menyoal layar, Surface Pro dibekali dengan layar sentuh 13 inci dengan resolusi 2.880 x 1.920 piksel, refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan mencapai 600 nit (900 nit untuk varian OLED).

Fitur pendukung lainnya yang ada di Surface Pro mencakup WiFi 7, Bluetooth 5.4, USB-C, Webcam 1440p, Windows 11 Home, Surface Keyboard, dan masih banyak lagi. 

Diklaim lebih jago dari MacBook Air M3

Fitur-fitur unggulan Microsoft Surface Pro.Microsoft Fitur-fitur unggulan Microsoft Surface Pro.

Dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang disebutkan di atas, Microsoft mengeklaim Surface Pro dengan Snapdragon X Elite lebih jago dari chip ARM Apple M3 yang mentenagai MacBook Air 15 inci.

Bisa dibilang, ini merupakan pertama kalinya laptop Windows yang ditenagai chip berarsitektur ARM bisa menyaingi perangkat dengan chip ARM Apple. Sebelumnya, laptop Windows dengan chip ARM selalu kalah dalam aspek performa, apabila dibandingkan dengan chip Apple.

Baca juga: Microsoft Rilis Surface Laptop Go 3, Layar Touchscreen Besar dan Lebih Ringan

Kembali lagi ke uji performa salah satu perangkat yang disebut Copilot Plus PC itu, Microsoft menyebut perangkat tersebut memiliki performa komputasi multithreaded (Cinebench) yang 58 persen lebih baik dari MacBook Air M3.

Sebagai perbandingan, chip Snapdragon X Elite di Surface Pro punya 12 inci CPU, atau 10 inti CPU untuk Snapdragon X Plus. Sementara itu, chip M3 di MacBook Air memiliki 8 inti CPU 10 inti unit pengolah grafis (GPU).

"Copilot Plus PC akan mengalahkan semua perangkat serupa (yang ditenagai chip ARM) yang ada di pasar saat ini, termasuk MacBook Air M3, dengan sekitar 50 persen lebih cepat dan konsisten dalam aspek performa," ujar Executive Vice President and Consumer Chief Marketing Officer Microsoft, Yusuf Mehdi dalam sebuah pernyataan.

Baterai lebih awet dari MacBook Air M3

Ilustrasi Microsoft Surface Pro yang masuk dalam rangkaian Copilot Plus PC.TheVerge Ilustrasi Microsoft Surface Pro yang masuk dalam rangkaian Copilot Plus PC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com