Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna "Ad Blocker" Makin Susah Nonton Video di YouTube

Kompas.com - Diperbarui 30/05/2024, 06:43 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna YouTube mengeluh kesulitan menonton video di platform berbagi video YouTube. Mereka melaporkan video yang ditonton langsung melompat (skip) ke bagian akhir.

Usut punya usut, keluhan ini ternyata muncul dari mereka yang menggunakan ad blocker atau software pemblokir iklan di perangkat.

Masalah ini dilaporkan oleh pengguna forum Reddit dengan handle @SDHD4K. Dalam postingnya, ia menunjukkan bahwa video yang diputar akan selalu di-skip ke bagian akhir apabila ia menggunakan pemblokir iklan (ad blocker).

Ad blocker ini biasanya dipasang di peramban (browser) atau ponsel menggunakan layanan dari pihak ketiga guna menghindari tayangan iklan.

Posting pengguna Reddit yang menunjukkan bahwa video YouTube akan di-skip ke bagian akhir jika pengguna memakai ad blocker.Reddit Posting pengguna Reddit yang menunjukkan bahwa video YouTube akan di-skip ke bagian akhir jika pengguna memakai ad blocker.

Ketika melakukan skip secara manual ke detik tertentu, YouTube akan langsung melompat video ke bagian akhir. Artinya, pengguna sama sekali tidak bisa menonton video YouTube tersebut.

Baca juga: YouTube Music Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung, Begini Caranya

Video baru bisa ditonton ketika pengguna menonaktifkan ad blocker, kemudian memuat ulang (refresh) video YouTube yang ditonton.

Sejumlah pengguna Reddit lainnya justru mengalami masalah yang berbeda.

Ketika mengaktifkan ad blocker, audio video yang ditonton akan dibisukan (mute) oleh YouTube. Begitu pengguna menaikkan volume video, YouTube kembali membisukan audio tersebut.

Seperti isu video yang di-skip, audio video YouTube ini bisa dipulihkan apabila pengguna menonaktifkan ad blocker.

Sebagian kecil pengguna Reddit mengatakan bahwa mereka juga mengalami hal yang serupa walaupun tidak menggunakan ad blocker.

Jadi, penggunaan aplikasi Virtual Private Network (VPN) ke wilayah yang belum kebagian iklan YouTube, bisa jadi tidak berpengaruh untuk menghindari masalah pemutaran video di atas.

Cara YouTube perangi ad blocker

Kedua masalah di atas ini disinyalir pengguna sebagai cara terbaru YouTube untuk memerangi ad blocker. YouTube pun mengamini.

"Pemblokir iklan melanggar Persyaratan Layanan YouTube, dan selama beberapa waktu kami telah mendesak pengguna untuk mendukung kreator konten favorit mereka dengan mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium untuk pengalaman bebas iklan," tulis pihak YouTube kepada situs berita teknologi 9to5google.

"Dorongan yang tidak terkait (dengan pemblokiran ad blocker) untuk meningkatkan kinerja dan keandalan YouTube, dapat mengakibatkan pengalaman menonton yang kurang optimal bagi pengguna pemblokir iklan," lanjutnya sebagaimana dikutip KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (29/5/2024).

Jendela yang muncul bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker ketika menonton video YouTube.The Verge Jendela yang muncul bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker ketika menonton video YouTube.
Ini bukan pertama kalinya YouTube melakukan cara tertentu untuk memerangi ad blocker.  Pada Oktober 2023 lalu, YouTube bahkan memblokir video bila pengguna terdeteksi menggunakan ad blocker di perangkat miliknya.

Baca juga: Apa Itu Ambient Mode di YouTube dan Cara Mengaktifkannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com