Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Web Tiket Konser Ticketmaster Diretas, Data 500 Juta Pengguna Dijual

Kompas.com - 31/05/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Situs platform penjualan dan distribusi tiket ternama di dunia, Ticketmaster, dilaporkan diretas (hack). Akibatnya, data lebih dari 500 juta pelanggan terekspos.

Sekelompok peretas ternama yang disebut ShinyHunters mengeklaim, pihaknya bertanggung jawab atas peretasan itu. Kelompok ini juga pernah menjadi dalang pencurian data pengguna Tokopedia tahun 2020.

ShinyHunters mengaku mencuri ratusan juta data pelanggan Ticketmaster. Awalnya, kabar ini mencuat dari outlet media keamanan siber Hackread dan Cyber Daily.

Keduanya melaporkan bahwa ShinyHunters merupakan dalang dari peretasan data 560 juta pelanggan Ticketmaster.

Data itu dijual lewat forum peretasan populer, berukuran 1,3 TB dengan harga 500.000 dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 8,1 miliar).

Baca juga: Dalang Jaringan Penyebar Malware Terbesar Dunia Ditangkap, Punya 19 Juta Komputer

ShinyHunters mengeklaim, dokumen itu menampung data sensitif pengguna dalam jumlah besar.

Perincian data itu belum terungkap, tetapi diyakini termasuk nama lengkap pelanggan Ticketmaster, alamat, nomor telepon, alamat e-mail, dan informasi riwayat pesanan yang mencakup perincian pembelian tiket serta detail acara.

Tidak hanya itu, ShinyHunters juga diduga memiliki sejumlah data pembayaran pelanggan yang mencakup nama pelanggan, empat digit terakhir nomor kartu kredit, serta tanggal kedaluwarsanya.

Belum diketahui bagaimana mekanisme serangan yang dilancarkan ShinyHunters hingga mendapat ratusan data itu.

ShinyHunters mengeklaim sudah menghubungi Ticketmaster terkait serangannya, tetapi belum mendapat tanggapan.

Sejauh ini Ticketmaster juga belum memberikan komentar apa pun soal serangan ini ke publik, dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (31/5/2024).

Nama ShinyHunters kerap dikaitkan dengan peretasan besar sejak beberapa tahun lalu. Selain Ticketmaster dan Tokopedia, ShinyHunters juga pernah menjual data pengguna dari peretasan Microsoft dan Wishbone.

Pada tahun 2022, hacker itu juga membocorkan informasi 70 juta pelanggan operator seluler asal AS, AT&T. Menurut laporan Cyber Daily Australia, ketua kelompok ShinyHUnters juga merupakan administrator BreachForums, darkweb atau situs gelap yang menjual informasi hasil peretasan.

Baca juga: 7 Kasus Kebocoran Data yang Terjadi Sepanjang 2020

Ada 26 miliar data yang bocor di internet

Kebocoran data di internet memang kerap terjadi. Bahkan diperkirakan ada sekitar 26 miliar data yang bocor di internet hingga Januari 2024.

Seorang peneliti keamanan siber dari SecurityDiscovery.com, Bob Dyachenko, bersama dengan tim dari media teknologi siber Cybernews, pada Januari lalu mengungkap bahwa ada sekitar 26 miliar data yang bocor di internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com