Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Setop Update 3 Ponsel Galaxy Ini, Cek Apakah HP Anda Termasuk

Kompas.com - Diperbarui 07/06/2024, 08:44 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi menghentikan dukungan pembaruan keamanan (security update) untuk tiga ponsel seri Galaxy yang ada di kelas menengah dan ke bawah pekan ini.

Ketiga perangkat Samsung yang dihentikan dukungan update (pembaruan) software tersebut adalah:

Ketiga perangkat ini juga sudah hilang dari daftar perangkat Samsung Galaxy yang masih akan mendapatkan pembaruan keamanan.  

Ini artinya, Samsung tak akan menyebar dan memperbarui ketiga ponsel Galaxy di atas efektif per hari ini. Meski demikian, Samsung mungkin masih akan menyebar pembaruan penting ke tiga ponsel tersebut, terlebih apabila ada celah keamanan yang dianggap sangat mengancam.

Nah, alasan Galaxy A51 5G, Galaxy A41, dan Galaxy M01 dihentikan pembaruannya adalah karena ketiga ponsel ini sudah berumur empat tahun, dan Samsung hanya menjanjikan jaminan security update selama empat tahun pula pada ketiga ponsel ini. 

Baca juga: Samsung Setop Update Keamanan untuk Ponsel Galaxy S8

Secara berurutan, Galaxy A51 5G, A41, dan M01 diluncurkan pertama kali ke pasar global pada April, Mei, dan Juni 2020 lalu. Artinya, ketiga ponsel ini memang sudah berumur empat tahun per Juni 2024 ini, dan wajar saja apabila tidak lagi mendapatkan pembaruan dari Samsung.

Selain tak mendapatkan security update, dukungan pembaruan sistem operasi (OS) Android untuk ketiga ponsel Galaxy di atas juga efektif dihentikan per bulan ini. Ketika meluncur pertama kali lalu, Galaxy A51 5G, A41, dan M01 hadir dengan OS Android 10.

Galaxy A41Samsung Galaxy A41

Kini, Galaxy A51 5G sudah menjalankan OS Android 13, sedangkan Galaxy A41 dan M01 menjalankan OS Android 12. Ini merupakan versi OS Android terakhir yang akan didapat ketiga ponsel Galaxy tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (7/6/2024). 

Baca juga: Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A51 di Indonesia

Lantas, apakah ketiga ponsel di atas masih bisa dipakai dengan normal? Jawabannya masih. Namun, seperti disebutkan di atas, pengguna harus waspada akan risiko keamanan yang mengintai, terlebih jika mereka sering menelusuri internet menggunakan Galaxy A51 5G, A41, atau M01. 

Apabila ingin tetap aman, pengguna bisa beralih ke ponsel Galaxy kelas menengah atau bawah lainnya yang sudah dirilis di pasar, terutama ponsel Galaxy model-model terbaru.

Di Indonesia, ada Samsung Galaxy A35 5G dan A55 5G yang masing-masing dijual dengan harga termurah Rp 5,5 juta dan 6,5 juta. Jika ingin yang lebih murah, ada Galaxy A05s yang dibanderol di Indonesia dengan harga Rp 2,1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com