Samsung Setop Update Keamanan untuk Ponsel Galaxy S8

Kompas.com - 05/05/2021, 10:28 WIB
Samsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara peluncuran bertajuk Unbox Your Phone, di Lincoln Center, New York, AS. Oik Yusuf/kompas.comSamsung Galaxy S8 Plus (ki) dan Galaxy S8 (ka), Rabu (29/3/2017) di acara peluncuran bertajuk Unbox Your Phone, di Lincoln Center, New York, AS.

KOMPAS.com - Setelah empat tahun, Samsung akhirnya menyetop pembaruan kemanan (security update) untuk dua ponsel Galaxy S Series, yakni Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Samsung memang berkomitmen untuk memberikan pembaruan keamanan selama empat tahun pada sejumlah produk ponselnya. Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang pertama kali hadir  pada Maret 2017 sudah habis jatah pembaruan keamanannya pada Maret 2021.

Sebelum benar-benar disetop, selama setahun terakhir, Samsung masih memberikan pembaruan keamanan berkala tiap tiga bulanan untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Baca juga: Galaxy S8 dan Note 8 Dipastikan Tidak Kebagian Android 10

Jadi penghentian dukungan security update pada dua ponsel flagship lawas ini tak terlalu mengejutkan dan sudah sesuai dengan komitmen empat tahun pembaruan keamanan yang dicetuskan oleh Samsung.

Selain dua ponsel tersebut, model lain dari lini Galaxy S8, yaitu Galaxy S8 Active dan Galaxy S8 Lite, kemungkinan bakalmenjadi perangkat selanjutnya yang tak kebagian pembaruan keamanan akhir tahun ini.

Sebab, waktu rilis Galaxy S8 Active dan Galaxy S8 Lite hanya terpaut beberapa bulan saja dari Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 dan Note 20 Kebagian Fitur Kamera ala Galaxy S21

Dengan demikian, ponsel flagship di seri Galaxy S yang masih akan mendapatkan pembaruan keamanan rutin tiap bulannya ialah jajaran Galaxy S10 series atau yang lebih baru.

Sementara untuk Galaxy S9 series, ponsel yang dirilis pada 2018 ini juga masih akan mendapatkan jatah security updates terakhirnya selama setahun lagi.

Jadwal pembaruan keamanannya pun hanya per tiga bulan atau setiap kuartal saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (5/5/2021).



Sumber ENGADGET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X