Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Setop Update Keamanan untuk Ponsel Galaxy S8

Kompas.com - 05/05/2021, 10:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah empat tahun, Samsung akhirnya menyetop pembaruan kemanan (security update) untuk dua ponsel Galaxy S Series, yakni Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Samsung memang berkomitmen untuk memberikan pembaruan keamanan selama empat tahun pada sejumlah produk ponselnya. Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang pertama kali hadir  pada Maret 2017 sudah habis jatah pembaruan keamanannya pada Maret 2021.

Sebelum benar-benar disetop, selama setahun terakhir, Samsung masih memberikan pembaruan keamanan berkala tiap tiga bulanan untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Baca juga: Galaxy S8 dan Note 8 Dipastikan Tidak Kebagian Android 10

Jadi penghentian dukungan security update pada dua ponsel flagship lawas ini tak terlalu mengejutkan dan sudah sesuai dengan komitmen empat tahun pembaruan keamanan yang dicetuskan oleh Samsung.

Selain dua ponsel tersebut, model lain dari lini Galaxy S8, yaitu Galaxy S8 Active dan Galaxy S8 Lite, kemungkinan bakalmenjadi perangkat selanjutnya yang tak kebagian pembaruan keamanan akhir tahun ini.

Sebab, waktu rilis Galaxy S8 Active dan Galaxy S8 Lite hanya terpaut beberapa bulan saja dari Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 dan Note 20 Kebagian Fitur Kamera ala Galaxy S21

Dengan demikian, ponsel flagship di seri Galaxy S yang masih akan mendapatkan pembaruan keamanan rutin tiap bulannya ialah jajaran Galaxy S10 series atau yang lebih baru.

Sementara untuk Galaxy S9 series, ponsel yang dirilis pada 2018 ini juga masih akan mendapatkan jatah security updates terakhirnya selama setahun lagi.

Jadwal pembaruan keamanannya pun hanya per tiga bulan atau setiap kuartal saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (5/5/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com