Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Perangkat Tertaut pada WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 09/06/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang perlu diketahui pengguna. Salah satu panduan dasar itu seperti cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA.

Cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA bakal berguna untuk memastikan keamanan akun dari akses yang tidak diizinkan. Perlu diketahui, WhatsApp memiliki fitur perangkat tertaut atau “Linked Device”.

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

Fitur Linked Device memungkinkan pengguna untuk login akun WA dari aplikasi WhatsApp di HP sebagai perangkat utama ke berbagai perangkat tambahan, seperti laptop, komputer, dan HP sekunder.

Pengguna bisa membuka akun WA miliki di berbagai perangkat itu melalui platform WhatsApp Web, WhatsApp Desktop, dan aplikasi WhatsApp di HP sekunder. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses WA dari berbagai perangkat secara mudah.

Meski memudahkan dalam mengakses akun WA, fitur Linked Device bisa berpotensi menjadi celah untuk terjadinya peretasan. Pengguna bisa saja lupa telah login akun WA di perangkat asing yang bukan miliknya.

Alhasil, akun WA pengguna bisa diakses oleh orang asing pemilik perangkat itu. Untuk menghindari akses tak diizinkan ini, pengguna penting untuk mengetahui cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan perangkat tertaut di WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Tanpa Kode Verifikasi dengan Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA

Cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna dapat mengeluarkan akun WA dari perangkat lain melalui menu “Linked Device” yang terdapat di aplikasi WhatsApp HP utama.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA melalui menu “Linked Device” adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Settings” atau “Setelan” di aplikasi WhatsApp HP utama.
  • Kemudian, klik menu “Linked Device” atau “Perangkat Tertaut”.
  • Pada menu itu, pengguna bakal disajikan daftar semua perangkat atau platform yang telah login menggunakan akun WhatsApp. Kemudian, terdapat pula informasi kapan akun WhatsApp terakhir kali aktif di satu perangkat yang telah tertaut.
  • Untuk mengeluarkan akun WhatsApp, klik salah satu perangkat dan pilih opsi “Log Out”.
  • Terakhir, akun WhatsApp yang tertaut di perangkat tambahan bakal dikeluarkan secara otomatis.

Ilustrasi cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain? Melalui cara di atas, pengguna dapat dengan mudah melindungi akun WA miliknya ketika lupa telah dipakai login di perangkat asing.

Supaya akun WA tetap aman, salah satu upaya yang penting untuk dilakukan adalah pengguna harus memastikan akun dipakai login di perangkat pribadi. Demikianlah cara menghilangkan perangkat tertaut pada WA dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com