Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPadOS 18 Resmi Dirilis, Bawa Fitur Kalkulator Pintar dan Kendali Jarak Jauh

Kompas.com - 11/06/2024, 12:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple mengumumkan sistem operasi terbaru untuk tablet iPad, yakni iPadOS 18, dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC), Senin (10/6/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia.

iPadOS 18 menjadi suksesor dari iPadOS 17. Sebagai penerus, iPadOS 18 ini menghadirkan sejumlah peningkatan seperti kalkulator bawaan baru, aplikasi Password (kata sandi), dukungan personalisasi layar, mengontrol iPad orang lain dari jarak jauh, hingga fitur bertenaga AI.

Mari kita lihat satu per satu fitur-fitur baru di iPadOS 18.

Kalkulator bawaan

iPadOS 18 membawa kalkulator bawaan baru yang dioptimalkan untuk layar besar.Apple iPadOS 18 membawa kalkulator bawaan baru yang dioptimalkan untuk layar besar.
Sejak dirilis 14 tahun silam, iPad tidak memiliki aplikasi kalkulator bawaan. Namun, lewat iPadOS 18, Apple akhirnya menambahkan aplikasi kalkulator bawaan ke lini tabletnya.

Dengan aplikasi kalkulator internal baru ini, pengguna iPad tidak perlu lagi mengunduh aplikasi kalkulator pihak ketiga, yang sering kali penuh dengan iklan dan jarang dioptimalkan untuk faktor bentuk iPad yang lebih besar dan biasanya hanya untuk melakukan penghitungan matematika sederhana.

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Kalkulator bawaan baru ini memiliki desain yang persis sama dengan kalkulator di iPhone. Bedanya, aplikasi kalkulator baru ini sudah dioptimalkan untuk layar iPad yang besar.

Pengguna iPad bisa menggunakan kalkulator dasar dan ilmiah, lengkap dengan dukungan histori hitungan dan konversi satuan.

Yang menarik, Apple mengoptimalkan fungsi aplikasi kalkulator di iPad dengan stylus Apple Pencil, dengan menghadirkan fitur "Math Notes".

Pengguna bisa menuliskan soal hitungan (seperti matematika dan fisika) lengkap dengan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Nanti, kalkulator akan menyelesaikan soal tersebut secara otomatis.

Variabel yang ditulis pengguna bisa di soal bisa diganti-ganti, kemudian hasil akan kembali disesuaikan. Dengan Math Notes, pengguna juga bisa membuat grafik.

Fitur kontrol iPad orang lain di SharePlay

iPadOS 18 juga membawa fitur berbagi layar baru di SharePlay. Fitur baru ini memungkinkan pengguna mengontrol iPad orang lain dari jarak jauh dengan izin.

Menurut Apple, fitur ini berguna ketika pengguna perlu membantu teman dan keluarga untuk menunjukkan apa yang harus mereka lakukan pada perangkat mereka. Kontrol yang bisa dilakukan dari jarak jauh meliputi mengetuk ikon/aplikasi dan menggambar di layar.

Atur ulang tata letak aplikasi di layar

iPadOS 18 memungkinkan pengguna mengubah warna ikon di layar.Apple iPadOS 18 memungkinkan pengguna mengubah warna ikon di layar.
Dengan iPadOS 18, pengguna bisa mempersonalisasi tata letak ikon di layar.

Caranya, pengguna bisa memindah ikon aplikasi dan widget di tempat yang pengguna inginkan, seperti di bagian bawah agar lebih cepat dijangkau, atau di samping untuk membingkai wallpaper favorit.

iPadOS 18 memungkinkan pengguna untuk mewarnai ikon aplikasi di layar dengan warna seragam atau sesuai dengan wallpaper pengguna.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com