Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Salah Tulis Spesifikasi iPad Air M2, Ini yang Benar

Kompas.com - 07/06/2024, 13:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TheVerge

KOMPAS.com - Pabrikan iPad, Apple Mei lalu mengumumkan iPad Air 11 2024 dan iPad Air 13 2024 yang menggunakan System-on-Chip (SoC) M2, serta digadang-gadang menjadi suksesor dari iPad Air yang telah lebih dulu hadir pada 2022.

Namun, pabrikan iPad itu dikabarkan keliru menulis jumlah core unit pengolah grafis (GPU) chip M2 yang ada di iPad Air 2024. Dalam siaran pers maupun keterangan spesifikasi di dalam laman resminya, Apple menyebut chip M2 di iPad Air 2024 memiliki core GPU berjumlah 10.

Akan tetapi, belakangan sejumlah kabar menyebut bahwa chip M2 pada perangkat iPad Air 2024 baru milik Apple hanya memiliki core unit pengolah grafis berjumlah 9 saja, berbeda dari apa yang sebelumnya dipromosikan oleh Apple.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa hasil prosesor Apple dari chip 10 core masih belum memuaskan, sehingga hal ini memaksa Apple untuk menggunakan versi chip 10 core yang salah satu core-nya dimatikan.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi iPad Pro 2024 dan iPad Air 2024

Juru bicara Apple yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa core GPU yang terdapat pada chip M2 memang hanya berjumlah 9 saja, berbeda dengan apa yang pertama kali disebutkan oleh pihaknya, sebanyak 10 core

Lebih lanjut, si juru bicara Apple kemudian mengatakan bahwa perusahaannya kini telah mengoreksi informasi jumlah core GPU pada chip M2 di halaman spesifikasi produknya. Selain di situs web, perubahan juga dilakukan pada siaran pers dan halaman dukungan mereka.

Meski begitu, sang juru bicara dari Apple tersebut juga menegaskan bahwa klaim performa iPad Air M2, yang sebelumnya dikatakan menggunakan core GPU berjumlah 10, masih akurat dan tetap didasarkan pada GPU yang berjumlah 9 core.

Ini berarti, Apple mengisyaratkan bahwa kesalahan tersebut tidak berpengaruh terhadap klaim mereka sebelumnya yang menyebut iPad Air M2 memiliki kinerja 50 persen lebih cepat dibanding pendahulunya, iPad Air dengan chip M1.

Baca juga: Tablet Apple iPad Air 2024 Meluncur, Ada Model Layar 13 Inci dan Pakai Chip M2

Sangat jarang Apple melakukan koreksi seperti itu. Tidak jelas juga mengapa pabrikan tersebut mengubah spesifikasi iPad yang telah dipajang tanpa terlebih dahulu memberitahu konsumennya, tapi Apple belakangan memang melakukan beberapa kekeliruan terkait produk.

Bulan lalu misalnya, Apple memerlukan waktu hingga satu minggu untuk mengakui adanya bug pada produk iPhone-nya yang menyebabkan foto-foto yang telah dihapus oleh pengguna muncul kembali, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Jumat (7/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com