Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat ke Dalam Apple Store Pertama di Malaysia

Kompas.com - 22/06/2024, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akan membuka Apple Store pertamanya bernama "Apple The Exchange TRX" di Malaysia pada Sabtu, 22 Juni 2024 pukul 10.00 waktu setempat.

Apple Store perdana di Negeri Jiran itu berada di dalam pusat belanja (mal) The Exchange TRX yang beralamat di L1.40 The Exchange TRX, Persiaran TRX, Tun Razak Exchange, 55188 Kuala Lumpur. Lokasi ini merupakan jantung distrik keuangan internasional Kuala Lumpur.

Menjelang acara pembukaan, Apple membagikan beberapa gambar yang memperlihatkan desain dan penampakan sisi dalam dan luar Apple The Exchange TRX melalui laman resminya.

Dari sisi luar, Apple Store perdana Malaysia ini terlihat memiliki desain atap yang berundak berwarna abu-abu muda. Di depannya terlihat fasad kaca yang mengeliling bangunan.

Baca juga: Apple Store Pertama di Malaysia Dibuka 22 Juni 2024

Di depan Apple Store, ada plang hitam khas Apple Store, seperti gambar di bawah.

Penampakan lantai tiga Apple Store pertama di Malaysia. Lantai tiga ini terhubung dengan taman atap pusat belanja The Exchange TRX.Apple Penampakan lantai tiga Apple Store pertama di Malaysia. Lantai tiga ini terhubung dengan taman atap pusat belanja The Exchange TRX.
Dari gambar ini, Apple The Exchange TRX terlihat hanya memiliki satu lantai dasar. Padahal, kenyataannya, penampakan fasad kaca dan atap berundak ini merupakan lantai ketiga atau paling atas.

Baca juga: Fanboy Harap Bersabar, Apple Store di Indonesia Masih Sebatas Janji

Apple Store pertama di Malaysia ini terdiri dari tiga lantai. Lantai ketiga atau paling atas terhubung langsung dengan taman atap mal, sehingga terlihat seperti toko di ruang terbuka.

Lantai dasar Apple Store langsung terhubung ke atrium pusat mal. Lantai kedua berupa dek terapung yang juga menyatu dengan mal.

Jika masuk dari dalam mal, pengunjung bakal melihat sisi depan yang dihiasi kaca yang menjulang tinggi. Ini membuat pengunjung bisa melihat isi di dalam toko dengan jelas, seperti gambar paling atas. 

Penampakan lantai dua dan lantai tiga Apple Store pertama di Malaysia. Di lantai dua, ada LCD besar yang bisa digunakan untuk acara seperti lokakarya.Apple Penampakan lantai dua dan lantai tiga Apple Store pertama di Malaysia. Di lantai dua, ada LCD besar yang bisa digunakan untuk acara seperti lokakarya.
Bagian dalam Apple Store pertama Malaysia ini terlihat seperti Apple Store lainnya. Misalnya, dinding didominasi warna abu-abu muda. Ada banyak meja kayu panjang di mana produk iPhone, MacBook, Apple Watch, iPad baru dipamerkan dan pengunjung bisa menjajalnya.

Di dinding, terdampat rak kayu yang juga memajang wearable Apple Watch hingga aksesori bikinan Apple.

Di lantai kedua ini, terlihat ada layar LCD besar yang dilengkapi dengan beberapa tempat duduk persegi. Bagian ini difungsikan untuk belajar atau acara lokakarya yang diselenggarakan Apple.

Apple Store Malaysia dihiasi rak-rak dan meja-meja kayu yang menampilkan beragam produk terbaru Apple, mulai dari iPhone, MacBook, Apple Watch, iPad, dan lainnya.Apple Apple Store Malaysia dihiasi rak-rak dan meja-meja kayu yang menampilkan beragam produk terbaru Apple, mulai dari iPhone, MacBook, Apple Watch, iPad, dan lainnya.
Apple The Exchange TRX juga menawarkan konter khusus Apple Pickup, sehingga lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online dan mengambil produk pada waktu yang diinginkan. 

Baca juga: Bukti Investasi Apple Rp 1,6 Triliun di Indonesia Masih Sekadar Janji

Seperti semua fasilitas Apple, Apple The Exchange TRX menggunakan 100 persen energi terbarukan dan netral karbon.

Apple mengungkapkan, toko Apple The Exchange TRX ini dirancang dengan palet bahan berkualitas tinggi yang halus, termasuk dinding batu alam, kolom baja tahan karat yang dipoles, lantai teraso ringan, dan langit-langit kayu.

Acara pembuka di Apple Store KL

Penampakan sisi dalam Apple Store pertama Malaysia.Apple Penampakan sisi dalam Apple Store pertama Malaysia.
Apple menyebut, toko Apple The Exchange TRX akan menjadi pusat inspirasi untuk edukasi, menawarkan sesi di dalam toko secara gratis kepada para pelanggan melalui acara "Today at Apple" (Hari Ini di Apple).

Dipandu oleh Apple Creatives, acara ini akan memberdayakan para peserta untuk memanfaatkan kreativitas mereka dan mempelajari cara memaksimalkan perangkat mereka, dengan topik yang berkisar dari dasar-dasar dan cara menggunakan perangkat, hingga tur foto dan video iPhone yang memanfaatkan lokasi toko yang indah.

Untuk merayakan pembukaannya, seri spesial Hari Ini di Apple, "Jom Discover", akan berlangsung mulai Sabtu, 22 Juni hingga Sabtu, 6 Juli, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Apple Newsroom, Sabtu (22/6/2024).

Dengan menghadirkan beberapa kreator paling terkenal di Malaysia, sesi ini akan memberikan sekilas gambaran mengenai proses kreatif sekaligus memamerkan berbagai produk dan layanan Apple. Sesi dalam seri "Jom Discover" meliputi:

  • Pertunjukkan: De Fam
  • Lokakarya: Mengabadikan Potret pada iPhone dengan Jason smashpop
  • Sorotan: Keajaiban Video di Mac bersama Adam Lobo
  • Lokakarya: Mengubah Ide Menjadi Aksi di iPad bersama Iman Azman
  • Sorotan: Hidup Sehat bersama Nana Mohd dan Apple Watch
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com