Salin Artikel

Update Terbaru Windows 10 Bikin "Error", Begini Cara Mengatasinya

Namun, update untuk bulan Mei 2020 tersebut justru menimbulkan masalah baru, lebih spesifiknya untuk pengguna perangkat dengan modul memori Intel Optane.

Pengguna memori Intel Optane, khususnya seri M10 dan H10, dilaporkan mengalami penurunan performa serta error yang timbul secara terus-menerus.

Kendati demikian, error ini hanya dialami oleh pemilik Intel Optane yang secara paksa memasang pembaruan tersebut menggunakan Media Creation Tool.

Sebelumnya Windows 10 telah secara otomatis memblokir pembaruan Mei 2020 tersebut akarena adanya ketidakcocokan antara Intel Optane dan udpate terkait.

Media Creation Tool smerupakan alat resmi Microsoft yang biasa digunakan untuk menginstal Windows 10 secara langsung melalui USB atau DVD.

Pemilik perangkat dengan memori Intel Optane bisa memaksa Windows memasang update Mei 2020 dengan Media Creation Tool, tapi akan berujung pada error di atas.

Intel Optame sendiri merupakan modul memori yang pertama kali diperkenalkan pada 2017 untuk meningkatkan kinerja storage di komputer desktop dan laptop.

Cara mengatasi error

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah udpate Windows 10 ini adalah dengan mengembalikan (roll back) sistem operasi ke titik sebelum instalasi pembaruan.

Langkah-langkah untuk melakukan proses pencopotan tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (8/6/2020), adalah sebagai berikut:

- Pada menu Start, pilih kolom pencarian dan masukan kata kunci "Control panel"

- Selanjutnya, pilih opsi "Uninstall a program" dan pilih "Intel Optane Pinning Explorer Extensions"

- Kemudian klik kanan pada opsi tersebut dan pilih "Uninstall"

- Langkah berikutnya, Anda perlu menonaktifkan Intel Optane pada komputer.

- Kembali akses menu Start dan pilih kolom pencarian. Masukan kata kunci "Intel Optane Memory"

- Selanjutnya pilih "Setup" dan pilih opsi "Disable" untuk menonaktifkan Intel Optane.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/09/08020087/update-terbaru-windows-10-bikin-error-begini-cara-mengatasinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.