Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia 10 Ponsel dengan Bentuk Unik dan Nyentrik

Pada umumnya, sebuah smartphone memiliki layar yang luas pada bagian depan, memiliki poni atau lubang untuk kamera depan, serta kamera belakang yang terpatri di bagian punggung.

Hal ini berbeda dengan saat smartphone belum sepopuler sekarang. Kala itu, kebanyakan ponsel hanya bisa melakukan panggilan telepon atau SMS,

Selain fungsinya yang sangat terbatas, ponsel lawas juga memiliki desain yang terbilang anti mainstream. Tak hanya unik, bentuknya kadang bisa disebut "nyentrik" sebagai sebuah ponsel.

Nah, kira-kira ponsel jadul apa saja yang mengusung desain nyentrik? Berikut daftarnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Sabtu (30/1/2021).

1. Haier P7

Meski ukurannya ringkas, namun Haier P7 memiliki kamera belakang dengan resolusi 0,3 Megapiksel.

Haier P7 juga diklaim merupakan ponsel yang awet baterai dan mampu bertahan hingga enam hari hanya dengan satu kali pengisian daya.

2. LG G Flex

Karena bentuknya yang melengkung, otomatis baterai di dalamnya pun mengikuti desain bodi secara keseluruhan.

3. Motorola Flipout

Ketika ingin menggunakan keyboard, pengguna cukup memutar layar ke sisi atas agar keyboard yang tersembunyi bawahnya terbuka.

Selain Motorola Flipout, desain serupa juga diadopsi oleh dua merek ponsel lokal yakni Nexian She dan Mito LuxBerry 301.

4. Motorola V70

Layaknya ponsel jadul, Motorola V70 masih dilengkapi dengan antena, tombol angka, dan layar monokrom.

Terlepas dari bentuknya unik, namun ponsel ini sudah mendukung koneksi GPRS sehingga penggunanya bisa terhubung dengan internet meskipun sangat terbatas.

5. Nokia 7700

Berbeda dari ponsel pada umumnya, layar Nokia 7700 berada di tengah dan diapit oleh tombol fisik di sisi kanan dan kiri.

Tombol navigasi di bagian kiri tampak seperti tombol pada gamepad. Ponsel yang dirilis pada tahun 2003 ini sudah dibekali dengan layar sentuh seluas 3,5 inci dengan resolusi 640 x 320 piksel.

Konon, ponsel ini mengadopsi desain dari Nokia N-gage yang dirilis pada 2001.

6. Samsung Galaxy Round

Alasan desain melengkung tersebut tak lain adalah agar pengguna merasa nyaman ketika menggenggam ponsel ini hanya dengan satu tangan.

Bentuk Galaxy Round bisa dibilang unik lantaran layarnya melengkung bukan dari atas ke bawah melainkan dari kiri ke kanan.

7. Samsung Matrix

Matrix dirilis pada tahun 2003. Ponsel ini mengusung layar dengan resolusi 128 x 160 piksel.
Dengan dimensi ukuran 115 x 58 x 20,1 mm, Matrix dibekali baterai berkapasitas 1.000 mAh.

Secara desain, ponsel ini memiliki keypad numerik dan beberapa tombol menu atau pengaturan lainnya yang tersusus di bagian tengah.

8. Toshiba G450

Lingkaran paling atas berisi layar LCD monochrome sementara dua lingkaran lainnya berisi keypad dan tombol menu pengaturan ponsel.

Untuk ukuran sebuah ponsel, layar Toshiba G450 tergolong kecil, sehingga untuk membaca pesan masuk, pengguna harus menatap layar dengan jarak yang cukup dekat.

9. Siemens Xelibri

Karena tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak, maka harga ponsel ini kala itu terbilang cukup mahal.

10. Palm Phone

Sudut bodi ponsel ini didesain melengkung, seolah menambah kesan mungil. Karena ukurannya tergolong mini, maka ponsel ini aman jika digenggam hanya dengan satu tangan.

Ponsel ini juga sudah dibekali sistem operasi Android.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/30/18300077/ini-dia-10-ponsel-dengan-bentuk-unik-dan-nyentrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke