Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Oppo A78 4G, Ponsel Oppo A-Series Tercantik

KOMPAS.com - Oppo baru saja memulai penjualan perdana smartphone (HP) kelas menengah (mid-range) terbarunya dari lini Oppo A-Series, yaitu Oppo A78 4G di Indonesia pada Rabu (12/7/2023). 

KompasTekno berkesempatan untuk menggenggam Oppo A78 4G untuk pertama kalinya, guna mengetahui bagaimana desain dan tampilan ponsel ini dari berbagai sisi.

Secara tampilan, desain pungung atau cangkang (case) ponsel ini adalah salah satu hal yang menarik perhatian kami. Sebab, tampilan punggung HP ini sangat jauh berbeda dari ponsel yang termasuk ke dalam anggota keluarga Oppo A-Series lainnya.

Kebetulan, varian Oppo A78 4G yang kami jajal adalah varian warna hijau mengilap alias "Hijau Laut". Varian warna ini akan memberikan efek hijau mengilap yang memiliki pola bak permata. Oppo menyebut desain ini dengan "Diamond Matrix".

Seperti namanya, desain seperti ini akan membuat punggung ponsel yang kesat terlihat bergelimang dengan pola kilauan berlian apabila dilihat dari berbagai sisi. Efek ini juga muncul apabila punggung ponsel terpapar sinar matahari.

Dengan desain seperti ini, kami bisa simpulkan bahwa Oppo A78 4G merupakan ponsel Oppo A-Series yang paling cantik yang pernah ada saat ini, terutama di pasar Indonesia.

Varian warna Oppo A78 4G lainnya, yaitu "Hitam Kabut", bisa dibilang memiliki nuansa mirip dengan beberapa ponsel Oppo A-Series yang sudah ada.

Sebab, cangkang ponsel akan dilapisi dengan warna hitam yang mengilap, namun tak begitu mencolok mata. 

Masih soal desain, punggung perangkat ini juga dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Bentukan atau desain kamera ini mirip dengan ponsel Oppo Reno8 T Series.

Artinya, kedua modul kamera di Oppo A78 4G memiliki "benjolan" yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung menghadap ke permukaan. 

Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 50 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera depth sensor 2 MP dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.

Beralih ke bagian depan, Oppo A78 4G memiliki layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya. Di atas kertas, rasio layar ke bodi ponsel ini diklaim mencapai 90,8 persen.

Karena cukup lega, layar ini terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dkk.

Selain luas, layar Oppo A78 4G juga terasa cukup mulus lantaran sudah mengadopsi refresh rate dengan angka 90 Hz. Layar juga cukup responsif karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz.

Untuk tingkat kecerahan layar (brightness), Oppo A78 4G memiliki brightness sekitar 500 nits. Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan cukup baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.

Membahas layar, bagian kiri atas layar Oppo A78 4G dihiasi dengan lubang kamera (punch hole). Lubang kamera ini memuat kamera selfie 8 MP. Untuk kenyamanan pengguna, layar ponsel ini juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Artinya, layar mungkin akan cukup kokoh untuk menahan beberapa benturan atau goresan kecil.

Ramping, ringan, nyaman digenggam

Pada aspek kenyamanan menggenggam, Oppo A78 4G bisa kami bilang enak untuk dipegang berlama-lama. 

Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalan 7,93 mm untuk varian Hijau Laut dan 7,99 mm untuk varian Hitam Kabut. Angka dimensi ketebalan ini terbilang cukup tipis dan mirip dengan beberapa ponsel premium di lini Oppo Reno Series.

Dengan dimensi ketebalan di bawah 8 mm ini, serta dimensi tinggi dan lebar 160 mm dan 73,23 mm, ponsel ini bisa dibilang cukup ramping. Dengan begitu, kami bisa mengoperasikan ponsel ini dengan nyaman meski hanya menggunakan satu tangan. 

Di samping tipis, Oppo A78 4G juga cukup ringan dan terbilang enak dan tidak ribet dibawa kemana-mana. Pasalnya, bobot ponsel ini berkisar di angka 180 gram, lebih enteng dibanding model lain di Oppo A-Series.

Selain ramping dan ringan, ponsel ini juga nyaman digenggam karena bingkainya mengadopsi desain datar (flat). Artinya, ponsel tak akan terlampau licin apabila digenggam terlalu lama. 

Menyoal bingkai, Oppo A78 4G juga hadir dengan beberapa tombol dan konektor esensial yang cukup lengkap. 

Pada bagian bawah perangkat, terdapat lubang audio jack 3.5 mm, lubang mikrofon, konektor USB-C, dan lubang speaker. Sementara di bagian bingkai atas ponsel ini tak terdapat tombol atau lubang apapun. 

Lalu pada bingkai bagian kanan Oppo A78 4G terdapat tombol power dan volume, sedangkan pada bingkai bagian kiri perangkat ada tombol laci kartu SIM berjenis triple slot. Dengan kata lain, laci kartu ini bisa memuat dua kartu SIM dan satu kartu memori berjenis microSD.

Di Indonesia, ponsel Oppo A-Series yang memiliki desain punggung ciamik ini bisa didapatkan dengan harga Rp 3,6 juta.

Dengan merogoh kocek sebesar itu, selain unit ponsel, pembeli Oppo A78 4G akan mendapatkan beberapa kelengkapan yang ada di dalam isi kotak penjualan.

Beberapa di antaranya seperti adapter atau "kepala" charger berdaya 67 watt, kabel pengisi daya USB-A ke USB-C, SIM ejector, buku panduan, serta pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari berbagai benturan.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone, meski Oppo A78 4G sejatinya menyediakan lubang audio jack 3.5 mm.

Adapun desain kotak penjualan Oppo A78 4G sendiri kini berbeda dari aneka ponsel Oppo A-Series lainnya.

Jika Oppo A-Series yang sudah dipasarkan di Indonesia memiliki kotak penjualan yang dihiasi dengan warna biru muda, kotak penjualan Oppo A78 4G kini didominasi dengan warna putih yang memiliki aksen warna coklat muda.

Tepat di aksen warna coklat ini, tertulis angka "78" yang menandakan model ponsel tersebut, yaitu Oppo A78 4G. 

Nah, ingin meminang ponsel ini? Peminat bisa langsung mengunjungi toko resmi Oppo terdekat atau situs web Oppo.com.

Namun sebelum membeli, ada baiknya melihat desain Oppo A78 4G versi Indonesia dari berbagai sisi di galeri foto di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/14/12310057/menjajal-oppo-a78-4g-ponsel-oppo-a-series-tercantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke