Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Telkomsel Juara Mobile Broadband Ookla Speedtest Awards | Bukti Threads Makin Ditinggal Pengguna

Berita lain yang juga menjadi sorotan adalah TweetDeck atau kini disebut dengan XPro yang tidak lagi gratis per bulan Agustus. Mulai bulan ini, pengguna Twitter atau X, wajib berlangganan lebih dulu ke Twitter Blue atau X Premium agar bisa mengakses TweetDeck.

Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah soal Threads, platform pesaing Twitter buatan Meta, induk perusahaan Instagram. Sebulan lebih dirilis, Threads semakin ditinggalkan penggunanya.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Telkomsel juara mobile broaband Ookla Speedtest Awards

Telkomsel menyabet enam penghargaan sekaligus di ajang Ookla Speedtest Awards periode Januari-Juni 2023.

Keenam penghargaan tersebut adalah Best Mobile Network (jaringan mobile terbaik), Best Mobile Coverage (cakupan internet seluler terbaik), Fastest Mobile Network (operator seluler paling cepat), dan Top-Rated Mobile Network (jaringan mobile paling diminati).

Terdapat pula penghargaan Best Mobile Video Experience (jaringan terbaik untuk menonton video) dan Best Mobile Gaming Experience (jaringan terbaik untuk bermain game). Dalam kategori Best Mobile Coverage, Telkomsel meraih skor 887 poin.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Telkomsel Juara Mobile Broadband di Ookla Speedtest Awards 2023".

Pada 3 Juli lalu, X, dahulu Twitter, mengumumkan bahwa mereka akan mengubah layanan desktop streamreader (pengelola aliran twit) resmi dari Twitter, yaitu TweetDeck dari gratis menjadi berbayar. Kebijakan tersebut, menurut X kala itu, akan diterapkan dalam 30 hari ke depan.

Kini, menginjak pertengahan Agustus, kebijakan TweetDeck atau kini disebut XPro berbayar resmi diterapkan X.

Hal ini mencuat berdasarkan pengakuan sejumlah pengguna di X, salah satunya adalah pengamat media sosial ulung Matt Navarra. Melalui akun X-nya dengan handle @MattNavarra, ia mengatakan bahwa TweetDeck kini hanya akan bisa diakses oleh pengguna X Premium (nama pengganti dari Twitter Blue) saja.

Pantauan KompasTekno, Rabu (16/8/2023) pagi, situs web tweetdeck.twitter.com kini memang akan mengalihkan pengguna ke tampilan layanan pembayaran X Premium/Twitter Blue, jika mereka masih belum berlangganan.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "TweetDeck Twitter Resmi Berbayar Mulai Hari Ini, Sebulan Rp 120.000".

Discrod.io diretas, layanan ditutup sementara

Sekitar 760.000 data pengguna di situs web pembuat tautan (link) server Discord non-resmi, yaitu Discord.io dicuri dan dijual ke publik melalui dark web pada Senin (14/8/2023).

Menurut laporan Bleeping Computer, ratusan ribu data pengguna Discord.io ini dijual oleh seorang hacker dengan username "Akhirah".

Konon, ia terafiliasi dengan kelompok hacker kenamaan yang sempat meretas data Microsoft, Wishbone, hingga Tokopedia pada 2020 lalu, yaitu yang bernama "ShinyHunters".

Sesaat insiden kebocoran data ini terjadi, pihak Discord.io langsung merilis sebuah pengumuman di blog resmi mereka.

Salah satu yang mereka lakukan adalah menutup layanan pembuatan atau kustomisasi link melalui Discord.io untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Situs Web Pembuat Link Server Discord Diretas, Layanan Ditutup Sementara".

Hoyoverse mulai menggelontorkan Genshin Impact versi 4.0 pada Rabu (16/8/2023). Kehadiran Genshin Impact versi 4.0 sebelumnya sudah diumumkan pada 5 Agustus lalu.

Pantauan KompasTekno, update yang menghadirkan area baru yang sarat elemen air (Hydro) alias "Fontaine" tersebut sudah bisa dinikmati pemain Indonesia mulai pukul 09.30 WIB ini.

Bagi pemain Genshin Impact di Android dan iOS, update ini dapat di-download secara otomatis saat permainan akan dimulai. Sementara pemain Genshin Impact di PC dan PlayStation, wajib melakukan update di aplikasi client Genshin Impact.

Setelah itu, pemain bisa masuk ke dalam game dan mengunduh file tambahan untuk Genshin Impact versi 4.0. Dalam Genshin Impact 4.0 ini Hoyoverse membagikan satu karakter gratis. Karakter tersebut adalah "Lynette", seorang pesulap bersenjata pedang yang berasal dari area Fontaine tadi.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Genshin Impact 4.0 Sudah Bisa Di-download, Ada Karakter Baru dan 600 Primogems Gratis".

Sebulan meluncur, Threads ditinggal hampir 80 persen pengguna

Threads, media sosial baru bikinan Meta pesaing Twitter, sudah sebulan lebih meluncur sejak dirilis pada 6 Juli lalu. Awalnya aplikasi microblogging ini sangat populer, dibuktikan oleh jumlah penggunanya yang mencapai 100 juta hanya dalam lima hari setelah aplikasi tersebut dirilis.

Akan tetapi, kepopuleran tersebut makin menurun seiring berjalannya waktu. Menurut firma analitik trafik web, Similarweb, jumlah pengguna aktif harian Threads Instagram di dunia mencapai 49,3 juta per 7 Juli 2023.

Akan tetapi, angka tersebut merosot pada Senin (7/8/2023) menjadi 10,3 juta, alias penurunan sebesar 79 persen. Di Amerika Serikat, jumlah pengguna aktif harian tertinggi mencapai 2,3 juta pada 7 Juli, dan angka tersebut menurun menjadi 576.000 pada 7 Agustus.

Laporan selengkapnya bisa disimak di artikel "Sebulan Meluncur, Threads Ditinggal Nyaris 80 Persen Pengguna".

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/17/07000077/-populer-tekno-telkomsel-juara-mobile-broadband-ookla-speedtest-awards-bukti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke