Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Main Mode Baru Patrol di "Call of Duty Mobile"

Patrol merupakan mode multiplayer yang diboyong dari Call of Duty: Vanguard. Dalam mode 5v5 ini, pemain harus mengamankan sebuah zona kecil (Patrol Zone) yang akan bergerak terus mengitari peta (map), mengikuti rute tertentu.

Pemain pun mesti berjalan mengikuti zona kecil yang bergerak terus untuk mendapatkan poin.

Setiap detiknya, tim yang berdiri di zona akan mendapatkan satu poin. Totalnya, gamer mesti mengumpulkan 150 poin untuk meraih kemenangan.

Zona akan berhenti di tempat ketika ada dua tim di dalamnya yang sedang berperang. Jika ada dua tim, tim dengan pemain terbanyak dalam zona akan mendapatkan poin.

Akan tetapi, idealnya pengguna mengamankan zona setelah menumpaskan semua musuh yang menghalangi.

Jika "darah" (Hit Points/HP) mencapai titik nol, pemain akan hidup kembali (respawn) dan berusaha lagi untuk merebut Patrol Zone.

Nah untuk mencobanya, pemain pertama-tama membuka game Call of Duty Mobile terlebih dahulu. Di menu utama game, pengguna perlu mengetuk tombol "Featured" di sebelah kanan bawah layar, kemudian tekan "Patrol".

Ada tiga peta (map) yang tersedia, yaitu Shoot House, Dome, dan Firing Range. Akan tetapi, pengguna hanya bisa memilih map acak (Random), yang diambil dari ketiga map sebelumnya. Ketuk "Start" untuk memulai permainan.

Ketika masuk dalam pertandingan (match), pemain akan diajak untuk memilih susunan (loadout) senjata terlebih dahulu. Loadout ini bisa diganti ketika pemain respawn.

Setelah memilih loadout, pengguna bisa melihat tata letak (layout) kontrol di mode Patrol.

Tata letak kontrol mode Patrol sama seperti mode Call of Duty Mobile lainnya. Pada bagian kiri layar, terdapat tombol analog untuk berjalan ke depan, ke kiri, ke kanan, dan ke belakang. Kemudian, ada tombol menembak di atas analog.

Pengguna juga bisa melihat progres skor yang sudah dikumpulkan masing-masing tim dalam pertandingan, di bagian kiri atas.

Kemudian di bawahnya terdapat bar Scorestreaks yang bisa diisi dengan menumpaskan musuh sebanyak-banyaknya, dan bar "darah" yang terisi secara otomatis ketika pengguna tidak menerima damage.

Pada bagian kanan, terdapat tombol menembak, mengisi ulang amunisi (reload), berjongkok, berlari, dan membidik (aim).

Di atasnya, terdapat kemampuan (skill) operator seperti Purifier alias senjata yang bisa mengeluarkan api, diikuti dengan radar map, sejumlah fitur komunikasi, dan tombol pengaturan.

Cara bermain mode Patrol

Pertandingan langsung dimulai setelah para pemain memilih loadout. Ketika dimulai, Patrol Zone yang diletakkan di tengah map akan dikunci selama 10 detik, sehingga kedua tim yang bersaing tidak bisa mengakses zona tersebut.

Pertama, gamer bisa bersembunyi di dekat zona kecil tersebut, dan menunggu tim musuh yang terlalu agresif untuk mengamankan Patrol Zone. Zona ditempatkan di lokasi yang terbuka, sehingga pemain akan mudah menumpaskan musuh.

Cara kedua, pemain bisa melakukan rotasi jauh dan menyerang dari belakang (flank). Dengan begitu, pengguna bisa "menculik" musuh yang terlalu fokus mengamankan zona.

Saat musuh sudah "mati" dan sedang respawn, langkah berikutnya adalah mengamankan zona tersebut. Ketika zona diamankan tim, warna zona tersebut akan berubah dari abu-abu menjadi biru.

Sementara itu, warna berubah jadi merah apabila direbut musuh, dan warna kuning jika ada dua tim dalam zona.

Saat mengamankan Patrol Zone, idealnya semua pemain dalam tim tidak berkumpul bersama-sama dalam zona. Sebab, musuh bisa melemparkan granat dan "meratakan" tim pemain yang berkumpul di zona.

Jika hal itu terjadi, tentunya pemain akan beramai-ramai respawn dan harus berjalan jauh dari markas (spawn) ke zona. Dengan begitu, tim memberikan banyak waktu kepada musuh untuk mengumpulkan poin.

Seiring berjalannya permainan, gamer pastinya akan mengumpulkan banyak eliminasi. Setiap eliminasinya akan memberikan kurang lebih 125 poin, dan kill ini bakal mengisi bar Scorestreaks yang sudah disebutkan sebelumnya.

Ketika mencapai angka tertentu, pengguna bisa menggunakan senjata spesial yang bisa mengubah arus pertandingan, misalnya Hunter Killer Drone seharga 500 poin, yakni bom yang secara otomatis menargetkan musuh di dekatnya.

Nah, perang di mode Patrol akan berlangsung terus hingga salah satu tim meraih 150 poin. Pengalaman KompasTekno, match dengan skor akhir 150-19 kurang lebih membutuhkan waktu lima menit.

Ketika match berakhir, pemain berhak mendapatkan XP untuk menaikkan level akun dan level Battle Pass.

Adapun pemain masih memiliki waktu sekitar 10 hari untuk menikmati mode Patrol, tepatnya hingga Kamis (19/10/2023), sebagaimana dikutip KompasTekno dari game Call of Duty Mobile, Senin (9/10/2023).

Untuk segera mencobanya, pastikan pemain sudah memperbarui versi Call of Duty Mobile. Pembaruan tersebut dapat diunduh di Android lewat tautan berikut ini, dan di iOS lewat tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/10/13310037/panduan-main-mode-baru-patrol-di-call-of-duty-mobile-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke