Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Target Ambisius Samsung Galaxy di 2015

Kompas.com - 11/11/2013, 10:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Berbicara pada analis dan investor dalam "Analyst Day" di Korea Selatan, Selasa (5/11/2013), raksasa elektronik Samsung mengumumkan sejumlah target ambisius.

Salah satu target tersebut adalah melipatduakan resolusi pada layar ponsel menjadi 2.560 x 1.440 piksel (WQHD), atau 560 ppi dari sudut pandang tingkat kepadatan piksel.

Bila jumlah piksel sebanyak itu dimampatkan dalam layar AMOLED berukuran 5,2 inci, maka akan diperoleh sebuah perangkat seukuran LG G2—yang memiliki bentang layar 5,2 inci—tetapi dengan resolusi 78 persen lebih tinggi.

Masih belum cukup, Samsung berencana terus menaikkan tingkat resolusi hingga mencapai 3.840 x 2.160 piksel (Ultra HD/4K) pada 2015, hanya dua tahun dari sekarang. Angka itu dua kali lebih tinggi dibandingkan standar HD (1.920 x 1.080 piksel) yang umum dipakai oleh ponsel kelas atas saat ini.

The verge
Rencana peningkatan resolusi layar Samsung

Tak hanya itu, pabrikan asal Negeri Ginseng ini menyatakan bakal menciptakan gadget dengan layar yang bisa dilipat (foldable). Gadget yang dimaksud termasuk smartphone, tablet, dan wearable device semacam Galaxy Gear. Hal tersebut dijadwalkan bisa terwujud paling cepat pada 2015.

Saat ini, Samsung sudah memiliki smartphone dengan teknologi layar fleksibel, yaitu Galaxy Round. Tetapi, layar AMOLED fleksibel pada ponsel tersebut hanya digunakan untuk melengkungkan tubuh Galaxy Round, sementara smartphone itu tidak bisa dilipat.

Terakhir, Samsung turut mengungkapkan rencana meluncurkan sensor kamera smartphone dengan resolusi 16 megapiksel pada 2014. Perusahaan ini juga menyatakan bakal mendesain sendiri core prosesor ARM 64-bit miliknya, mirip dengan yang dilakukan Apple pada cip "seri A".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com