BlackBerry Kok Pakai "Trackpad" Lagi?

Kompas.com - 26/02/2014, 15:32 WIB
Ubergizmo
Trackpad dan tombol fungsi pada perangkat BlackBerry model lama

KOMPAS.com — Dua fitur yang sudah ditinggalkan BlackBerry sejak kehadiran sistem operasi BlackBerry 10 dipastikan hadir kembali. Fitur tersebut adalah trackpad dan tombol back.

Kedua tombol tersebut akan hadir pada ponsel terbaru dengan nama resmi BlackBerry Q20. "Q20 mengusung gaya ponsel Q10, tetapi dengan trackpad tradisional dan tombol back," kata CEO BlackBerry John Chen dalam jumpa pers di ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Selasa (25/2/2014).

Trackpad merupakan papan sentuh mungil berbentuk persegi yang meneruskan fungsi trackball. Secara vertikal, posisinya persis di antara papan ketik dan layar, atau secara horizontal sejajar dengan tombol panggilan telepon dan tombol fungsi yang dilabeli logo BlackBerry.

Untuk apa BlackBerry mengembalikan trackpad? Fitur tersebut diduga sengaja dihadirkan kembali untuk menarik "konsumen loyal" BlackBerry yang telanjur sangat familiar dengan alat itu.

Sejumlah pelanggan BlackBerry dari kalangan pebisnis dan pemerintahan memang sempat dikabarkan merasa kecewa karena BlackBerry menghilangkan trackpad bersama dengan tombol fungsi.

Menghilangkan dua komponen tersebut memang menghasilkan ukuran layar yang lebih lebar pada perangkat BlackBerry 10. Namun, hal tersebut dipandang tak penting oleh pengguna loyal BlackBerry yang hanya berfokus pada fungsi pengiriman pesan pada perangkat tersebut.

Di samping itu, laporan keuangan terbaru dari BlackBerry menunjukkan bahwa pengapalan perangkat BlackBerry 7 masih lebih tinggi dibandingkan BlackBerry 10. Boleh jadi, BlackBerry berpikir untuk mendorong penjualan dengan menghadirkan kembali fitur yang pernah begitu identik dengan perangkat-perangkat lawasnya tersebut.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberUbergizmo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X