Kompas.com - 21/07/2014, 13:28 WIB
Poster dukungan terhadap Edward Snowden di depan Gedung Putih. AFP/ MANDEL NGANPoster dukungan terhadap Edward Snowden di depan Gedung Putih.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Edward Snowden, mantan agen mata-mata National Security Agency (NSA) yang membocorkan aksi penyadapan Amerika Serikat (AS), mengajak para pendukungnya untuk memacu pengembangan teknologi yang dapat mencegah penyadapan dari pemerintah di seluruh dunia.

Hal ini diungkapkan Snowden dalam konferensi teknologi "Hackers On Planet Earth" (HOPE) di New York, AS, Sabtu (19/7/2014), di mana ia menjadi salah satu pembicara, tetapi tidak datang secara langsung, melainkan melalui panggilan video dari Moskwa, Rusia.

"Kalian di ruangan ini, sekarang memiliki dua sarana dan kemampuan untuk meningkatkan masa depan dengan menggunakan hak kita membuat program dan protokol yang bisa kita andalkan sehari-hari," ujar Snowden di hadapan para praktisi teknologi.

"Itulah pekerjaan besar masa depan di mana saya akan terlibat di dalamnya," tambahnya seperti dikutip dari Reuters.

Konferensi HOPE kali ini salah satunya berbicara soal upaya menangkal aksi penyadapan yang dilakukan suatu negara.

Oleh sebagian besar masyarakat yang mendukung aktivitas anti-penyadapan dari ahli komputer, Snowden dipandang sebagai pahlawan karena telah mengungkap kegiatan penyadapan AS.

Namun, bagi pemerintah AS, Snowden dinilai sebagai pembocor dokumen rahasia dinas intelijen National Security Agency (NSA). Ia membocorkan dokumen NSA kepada jurnalis bernama Green Greenwald, lalu dipublikasikan di The Guardian pada Juni 2013. Sejak itu, Snowden menjadi buron Pemerintah AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Snowden saat ini tinggal di Rusia, setelah pemerintah setempat memberi suaka sementara selama setahun dan akan berakhir pada Agustus 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.