5 Pemutar Musik Alternatif untuk Windows

Kompas.com - 16/08/2014, 07:12 WIB
VLC Media Player, software alternatif untuk memutar file multimedia di PC Windows. VLCVLC Media Player, software alternatif untuk memutar file multimedia di PC Windows.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Walau zaman sudah serba mobile, termasuk urusan mendengarkan musik, masih ada juga yang mendengarkan musik dari perangkat desktop PC.

Pada platform Windows, Microsoft telah menyediakan aplikasi Windows Media Player yang memberikan fungsi tersebut. Namun, jika Anda kurang puas dengan aplikasi tersebut, masih banyak software pemutar musik lain yang bisa diunduh.

Winamp dahulu sempat menjadi aplikasi pemutar musik populer selain Windows Media Player. Namun, setelah masa kejayaannya pudar, terlebih nasibnya pada masa depan yang belum pasti di tangan pemilik yang baru (Radionomy), makin banyak pengguna PC Windows yang beralih mencari software pemutar musik alternatif yang memberikan fitur dan fungsi yang lebih.

Berbeda dari aplikasi atau software pemutar musik masa lalu, kini layanan musik pada platform Windows lebih canggih lagi dengan mendukung komputasi awan atau sinkronisasi dengan perangkat mobile.

Dengan demikian, file musik bisa disimpan dan diputar melalui layanan cloud. Pengguna juga bisa mengaksesnya dari perangkat mobile pendukugnya.

Berikut adalah beberapa software pemutar musik untuk PC yang menjalankan sistem operasi Windows 7 atau 8, yang dirangkum oleh KompasTekno.


MusicBee

MusicBee sangat cocok bagi mereka yang suka dengan keterorganisasian. Layanan musik berbasis web ini memungkinkan penggunanya melihat keseluruhan koleksi musik berdasar kategori judul lagu, album, artis, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

MusicBee juga disebut sebagai salah satu layanan pemutar musik yang ringan dan mudah dikustomisasi. Pengguna bisa mengorganisasi dan memutar musik, baik dalam PC maupun melalui web. Selain itu, pengguna juga bisa memberikan tag atau menambahkan informasi metadata dalam file musiknya, mengatur library dan podcast, atau me-rip CD.

Koleksi musik juga bisa ditambah dari CD. Setelah itu, pengguna bisa membuat playlist dan berkreasi membuat tampilan sesuai keinginan dengan built-in skin yang dimiliki.

MusicBee mendukung banyak format file musik populer berikut jenis konversinya. Asyiknya, aplikasi ini juga bisa mengalirkan musik yang sedang diputar ke situs last.fm serta menambah musik baru dalam playlist. Sinkronisasi dengan perangkat mobile juga didukung layanan ini.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X