Kesan Pertama Menggenggam Xiaomi Redmi 1S

Kompas.com - 01/09/2014, 09:10 WIB
Xiaomi Redmi 1S oik yusuf/ kompas.comXiaomi Redmi 1S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Xiaomi Redmi 1S

KOMPAS.com — Hari Rabu (27/8/2014) lalu, pabrikan gadget asal Tiongkok, Xiaomi, meresmikan kehadirannya di pasaran Indonesia, sekaligus meluncurkan smartphone Redmi 1S.

Ponsel yang juga dikenal dengan nama Hongmi (bahasa Mandarin untuk "Nasi Merah") ini diperkuat prosesor quad-core Snapdragon 400 1,6 GHz, RAM 1GB, kapasitas memori internal 8 GB, kamera 8 megapiksel, serta dua slot untuk SIM card.

Berbeda dengan model Mi4 yang menyasar segmen atas, Redmi 1S diposisikan di kelas budget. Harganya pun disesuaikan, yaitu Rp 1,5 juta.

Banderol yang terbilang kompetitif dibandingkan produk-produk sekelas itu membuat penasaran. Seperti apa kesan yang didapatkan seusai sejenak menggenggam andalan Xiaomi yang "ekonomis" ini? Ikuti ulasan singkat berikut.

Bersih

Redmi 1S memiliki bentuk fisik yang simpel dan bersih. Tidak ada tombol fisik yang bisa ditemukan di bagian mukanya, kecuali deretan tiga soft button untuk navigasi yang menempati sisi bawah layar.

oik yusuf/ kompas.com
Tampak depan dan belakang Xiaomi Redmi 1S

Bagian display IPS (4,7 inci, 1280 x 720) ini dilapisi kaca anti-gores Dragon Trail bikinan perusahaan Jepang, AGC. Meski belum sekondang Gorilla Glass dari Corning, pihak Xiaomi menjamin bahwa Dragon Trail sama baiknya dalam hal ketahanan terhadap goresan.

Bagian belakang Redmi 1S terbuat dari plastik matte bertesktur kesat. Di sini terdapat unit kamera 8 megapiksel beserta LED flash dan logo Xiaomi yang berbunyi "Mi".

Meski sekilas terlihat seolah memiliki desain unibody, cangkang belakang Redmi 1S sebenarnya bisa dilepas berikut dengan baterainya.

oik yusuf/ kompas.com
Konektor micro-USB berbentuk persegi panjang di bagian bawah Redmi 1S

Redmi 1S terasa mantap di tangan ketika digenggam, terutama berkat bagian belakangnya yang kesat dan tidak licin itu. Hanya, bobotnya yang 158 gram sedikit memberi kesan berat untuk ukuran smartphone 4,7 inci.

Port untuk micro-USB Redmi yang berbentuk persegi panjang di 1S terlihat "tidak lazim" karena berbeda dengan konektor serupa pada ponsel lain yang umumnya berbentuk trapesium.

oik yusuf/ kompas.com
Sisi samping Xiaomi Redmi 1S memuat tombol daya dan pengatur volume seperti biasa

Namun, pemilik Redmi 1S tak perlu khawatir karena port tersebut sebenarnya adalah konektor micro-USB "Tipe A" yang kompatibel dengan konektor micro-USB "Tipe B" berbentuk trapesium.

Proses pengisian baterai dan transfer data pun bisa dilakukan dengan kabel micro-USB yang selama ini beredar di pasaran Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X