Kompas.com - 03/11/2014, 15:06 WIB
EditorWicak Hidayat
Penulis: Donald Farmer

KOMPAS.com - Kata “inovasi” sedang berdengung di dunia bisnis saat ini. Setiap startup mengaku inovatif, dan para penulis, akademisi dan pemimpin industri mendiskusikan perlunya sebuah “budaya inovasi” dalam jurnal, berita, dan bahkan majalah penerbangan.

Sebagai VP Inovasi dan Design di Qlik, apakah saya seharusnya khawatir, jangan-jangan konsep ini sudah basi?

Sesungguhnya, yang saya khawatirkan adalah sedikitnya inovasi yang mendalam. Yang saya lihat adalah banyak perusahaan yang sebenarnya hanya menjual temuan yang lebih baik.

Inovasi atau Penemuan?

Apa bedanya? Inovasi membutuhkan pemahaman baru yang radikal terhadap beberapa pertanyaan dasar dari pekerjaan Anda.

Ketika team James Dyson merancang sebuah kipas angin baru, mereka tidak memperbaiki desain bilah-bilahnya; mereka menciptakan cara baru untuk menggerakkan angin tanpa bilah sama sekali.

Dengan begitu, mereka menjungkirbalikkan pemahaman paling mendasar kita tentang sebuah kipas angin.

Sebelum itu, kipas angin bertahan selama ribuan tahun sejak seorang penghuni goa pertama kalinya mengibaskan angin dengan daun. Kipas angin tanpa bilah dari Dyson adalah revolusioner.

Di sisi lain, penemuan bertahap hanya memperluas apa yang sudah kita ketahui. Anda punya mesin pemotong rumput? Dan vacuum kebun yang terpisah? Gabungkan keduanya dan ciptakan sebuah mower-vac.

Saya tidak menyangkal betapa cerdas pemikiran desainnya, tetapi saya tidak melihat inovasi yang kuat di sana.

Keragaman adalah kekuatan

Menata kembali prinsip-prinsip dasar memang tidak mudah dilakukan. Akan tetapi Anda bisa mengambil langkah untuk mendorong “budaya inovasi” yang sulit dipahami itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.