Menkominfo: Izin Layanan 4G Bukan untuk Main-main

Kompas.com - 08/12/2014, 16:16 WIB
Menkominfo Rudiantara di acara peluncuran 4G LTE Telkomsel, Senin (8/12/2014) Reska K. Nistanto/KOMPAS.comMenkominfo Rudiantara di acara peluncuran 4G LTE Telkomsel, Senin (8/12/2014)
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menjadi yang pertama menggelar layanan 4G LTE di spektrum 900 MHz. Di spektrum yang sama, operator seluler lain yang beroperasi adalah Indosat dan XL.

Untuk mendapatkan sertifikasi layanan 4G komersil, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, salah satu persyaratannya adalah operator seluler itu mau berkomitmen untuk memberikan layanan yang berkelanjutan.

"Kalau operator tidak memiliki sustainability, ya buat apa ada izin," demikian kata Rudiantara kepada KompasTekno di sela acara peluncuran layanan 4G LTE Telkomsel di Jakarta, Senin (8/12/20140).

Dijelaskan oleh Rudiantara, sustainability yang dimaksud dalam hal ini adalah kelangsungan dalam menggelar layanan. Operator seluler diharapkan tidak hanya memulai menggelar layanan 4G LTE saja, namun juga harus mempersiapkan ekosistem.

"Ekosistemnya juga harus sudah disiapkan, seperti handset apakah sudah ada apa belum, termasuk layanannya," kata Rudiantara.

Kelangsungan layanan itu disebut penting oleh Rudiantara karena 4G LTE termasuk dalam program pita lebar Indonesia yang dicanangkan oleh pemerintah.

Selain itu, Rudiantara juga mengingatkan operator-operator seluler yang akan menggelar layanan 4G untuk turut mengedukasi pelanggannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Handset saja konsumen sekarang masih bingung, mana yang mendukung 4G mana yang tidak," katanya.

Ditakutkan, jika unsur edukasi tidak dijalankan, maka hal tersebut bisa menimbulkan misslead dan kebingungan di tengah masyarakat.

"Jadi izin (layanan 4G) itu bukan untuk main-main saja," demikian kata pria yang akrab dengan julukan chief RA ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X