Sejarah Panjang Selfie dan si Tongkat Narsis

Kompas.com - 19/01/2015, 10:14 WIB
Ilustrasi alat serupa tongsis dalam dokumen paten yang diajukan Wayne Fromm pada 2006 GizmodoIlustrasi alat serupa tongsis dalam dokumen paten yang diajukan Wayne Fromm pada 2006
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi alat serupa tongsis dalam dokumen paten yang diajukan Wayne Fromm pada 2006

KOMPAS.com - Popularitas tongkat narsis alias tongsis -atau selfie stick dalam bahasa Inggris- meledak seiring dengan menanjaknya trend selfie dengan smartphone.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa tongsis sebenarnya telah muncul lama sebelum smartphone mulai beredar di pasaran.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Senin (19/1/2015), alat berbentuk tongkat panjang yang salah satu ujungnya dijadikan tempat nangkring alat pengambil gambar ini pernah dipatenkan dan dipasarkan oleh seorang penemu bernama Wayne Fromm pada 2006.

Dia rupanya menyadari sulitnya mengambil foto diri sendiri ketika sedang berjalan-jalan, lalu melihat peluang bisnis dari hal tersebut.

Sayang penemuan Fromm yang dinamai Quick Pod  kurang diminati pasar. Maklum, kegiatan selfie dengan ponsel pintar ketika itu belum marak.

Fromm belakangan mencak-mencak karena menilai produk buatannya telah dijiplak oleh pabrikan tongsis asal Tiongkok yang menuai sukses besar beberapa tahun setelahnya, pada era kejayaan smartphone.

Tess Rinearson/ Twitter
Pengambaran alat serupa tongsis dalam buku UNuseless Japanese Inventions terbitan 1995

Tapi Fromm bukanlah orang pertama yang kepikiran membuat "tongsis". Lebih dari satu dekade sebelum Fromm mematenkan idenya, tongsis sudah mejeng dalam sebuah buku terbitan 1995.

Buku yang bersangkutan, berjudul UNuseless Japanese Invention, memuat daftar penemuan dari Negeri Sakura yang dinilai tidak berguna. Rupanya masyarakat ketika itu masih memandang tongsis sebagai barang aneh.

Konsep tongis mungkin masih terlihat asing bagi masyarakat pra-smartphone, namun dorongan batin untuk mengambil selfie sudah dialami manusia lebih dari seratus tahun lalu, segera setelah kemunculan fotografi.

Wikipedia, BBC Foto selfie Robert Cornelius dari 1839 (kiri) serta penampakan tongsis dalam foto selife Arnold dan Helen Hogg dari 1925

Foto selfie pertama berasal dari tahun 1839, diambil oleh seorang pelopor fotografi bernama Robert Cornelius. Sementara itu, penampakan terawal tongsis muncul dalam foto selfie Arnold dan Helen Hogg pada 1925.

Di fotonya, Arnold terlihat memakai sejenis alat mirip tongsis untuk melepas shutter. Selfie dan tongsis si tongkat narsis memang saling terkait dan punya sejarah panjang!



Sumber Gizmodo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X